Connect with us

Transportasi

Dirjen Hubdat Tekankan Mitra Ojek Online Pentingnya Keselamatan Berkendara

Published

on

foto:istimewa

Jakarta, Bindo.id – Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno memberikan arahan kepada mitra ojek online dalam aspek keselamatan khususnya dalam memberikan pelayanan kepada penumpang dalam kegiatan Apel Keselamatan Berkendara yang di Lapangan Bola Aldiron, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (23/5/2023).

“Dalam menjalankan tugas, mitra pengemudi ojek online wajib menjadi keselamatan sebagai yang utama dan harus diprioritaskan. Saya berterimakasih kepada seluruh manajemen dan tim Gojek yang telah membuat acara apel ini, akan ada apel lain di beberapa wilayah khususnya dalam membahas pentingnya berkeselamatan,” tegas Dirjen Hendro.

Dirjen Hendro menyatakan, pekerjaan yang dilakoni setiap pengemudi ojek online penuh risiko, sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian saat berkendara di jalanan. Dia juga menjelaskan kondisi sepeda motor harus diperhatikan dengan baik.

“Kepada rekan-rekan mitra pengemudi, saya mengingatkan bahwa pekerjaan ini memiliki risiko yang sangat tinggi setiap hari dengan bekerja di jalan. Saya mendapatkan data dari Korlantas Polri bahwa kecelakaan yang paling tinggi adalah pengendara sepeda motor,” tuturnya.

Dirjen Hendro mengapresiasi Gojek yang telah membuat aplikasi pengingat waktu istirahat untuk mitra pengemudi.

Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 ada sejumlah ketentuan yang harus dipenuhi pengemudi saat berkendara yaitu:
– Menggunakan jaket dengan dengan bahan yang memantulkan cahaya dengan identitas pengemudi;
– Menggunakan celana panjang;
– Menggunakan sepatu;
– Menggunakan sarung tangan; dan
– Membawa jas hujan.

“Keselamatan ditunjang dengan melakukan pengecekan secara berkala kendaraan yang digunakan. Pastikan juga untuk selalu menaati peraturan lalu lintas yang ada dan jangan lupa agar melakukan pengecekan masing-masing individu agar tidak memaksakan saat keadaan tak memungkinkan melakukan pekerjaan ini. Perlu diingat bahwa keluarga kita menunggu di rumah masing-masing,” urai dia

Baca Juga  Asyik, Garuda Beri Diskon 75% Bagi Penumpang Tujuan Jakarta di Libur Lebaran

Melalui kegiatan hari ini diharapkan dapat terjadi sinergi bersama baik antara Pemerintah selaku regulator maupun aplikator maka diharapkan seluruh pemangku kepentingan dapat selalu memerhatikan aspek keselamatan khususnya dalam memberikan pelayanan kepada penumpang.

Dalam kegiatan apel tersebut Gojek dan Korlantas Polri juga berencana memperkuat kolaborasi bersama untuk meningkatkan keselamatan mitra pengemudi dan penumpang.

Selain itu mitra pengemudi mendapatkan program pelatihan berkendara yang berkeselamatan dalam mendukung meringankan beban mitra pengemudi dan keluarganya melalui berbagai kemudahan akses promo dan layanan dengan harga spesial.

“Saya mengapresiasi dan memberikan dukungan atas inisiatif manajemen dan mitra pengemudi Gojek yang memiliki berbagai manfaat bagi mitranya, salah satunya adalah program pelatihan berkendara dan program swadaya,” katanya.

Dia minta agar terjalin solidaritas positif, keamanan berkendara, dan selalu berempati antarsesama sebagai misi utama komunitas mitra pengemudi.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya dari seluruh pihak. Sekali lagi, saya mengharapkan kita semua dapat membuka pikiran demi kemajuan untuk kebaikan bangsa Indonesia,” pungkas Dirjen Hendro.

Dalam acara ini dihadiri juga oleh Ketua Komisi V DPR Lasarus, Direktur Angkutan Jalan Suharto, Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, Presiden Unit Bisnis On-Demand Services GoTo Catherine Hindra, dan Chief of PPGR GoTo/Head of PPGR Gojek Shinto Nugroho. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion