Connect with us

Transportasi

Respon Cepat Tim KPLP, Evakuasi ABK Sakit Parah di Kapal di Perairan Bitung

Published

on

Respon cepat Tim KPLP

Bitung, Bindo.id – Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui tim Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Bitung, Sulawesi Utara, memberikan bantuan darurat pada Kamis (6/4/2023) malam dengan mengirimkan satu kapal patroli KN – P.331 untuk melakukan tanda terima terhadap seorang kru Tugboat Sukur 54 yang sedang sakit parah, muntah darah, dan tak sadarkan diri.

Kepala Pangkalan PLP Kelas II Bitung, Sabar Maima Hasugian mengatakan, permohonan bersama dengan instansi terkait telah melakukan koordinasi untuk mengevakuasi kru tersebut dari kapal ke rumah sakit terdekat.

“Pada jam 20.42 Wita, VTS Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Bitung menerima berita langsung dari Kapal TB. Sukur 54 bahwa Mualim 1 sedang sakit dan membutuhkan bantuan,” ujar Sabar, Minggu (9/4/2023).

Pada pukul 21.30 Wita, KN-P.331 dari Pangkalan PLP Kelas II Bitung beserta tim lainnya seperti perwakilan dari Kantor KSOP Kelas II Bitung, perwakilan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Bitung berangkat ke lokasi untuk melaksanakan penjemputan di laut.

“Pada jam 22.35 Wita, KN-P.331 beserta tim menerima kru Kapal TB. Sukur 45 yang sakit dan didampingi dua kru lainnya yang sebelumnya telah dijemput terlebih dahulu guna mempercepat perbaikan,” ungkapnya.

Kru kapal yang sakit langsung ditangani oleh tim kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Bitung. Pada jam 23.15 Wita, KN-P.331 sandar di dermaga Pangkalan PLP Kelas II Bitung.

Selanjutnya kru kapal yang sakit langsung dievakuasi ke mobil ambulans untuk dibawa ke RS. Budi Kemuliaan menggunakan mobil ambulans serta didampingi tenaga medis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Bitung.

Pada jam 23.30 Wita, mobil ambulans meninggalkan Dermaga Pangkalan PLP Kelas II Bitung menuju RS. Budi Kemuliaan dengan membawa kru yang sakit.

Baca Juga  Tim Aksi Cepat Kemenhub Berhasil Evakuasi Kapal Kandas di Perbatasan RI-Singapura

“Pangkalan PLP Kelas II Bitung memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam penangkapan tersebut. Hal ini menunjukkan sinergi antara berbagai instansi dalam menangani situasi darurat di laut dengan cepat dan efektif,” tutupnya.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion