Connect with us

Transportasi

Hingga H+1 Idul Fitri 2023, Jumlah Penumpang Kapal Naik 5 Persen Dibandingkan Tahun 2022

Published

on

Foto:istimewa/djplkemenhub

Jakarta, Bindo.id – Hingga Hari Kedua Idul Fitri 2023 (H1), Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2023 mencatat adanya kenaikan jumlah penumpang yang berangkat dengan kapal laut sebanyak 960.168 orang.

“Meningkat 5 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022 yang hanya sebanyak 917.402 orang,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha, hari ini Minggu (23/4) di Jakarta.

Sementara itu, jumlah penumpang yang datang pada tahun 2023 sebanyak 906.510 orang, juga mengalami peningkatan dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022 yang hanya sebanyak 854.089 orang.

Lebih lanjut, Dirjen Arif juga menyampaikan bahwa pelabuhan terpadat pada tahun 2023 adalah Pelabuhan Batam dengan jumlah penumpang berangkat sebanyak 117.554 orang, diikuti oleh Pelabuhan Benoa dengan jumlah penumpang berangkat sebanyak 78.153 orang.

Kemudian Pelabuhan Tanjung Pinang dengan jumlah penumpang berangkat sebanyak 45.575 orang, Pelabuhan Nusa Penida dengan jumlah penumpang berangkat sebanyak 40.028 orang, dan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun dengan jumlah penumpang berangkat sebanyak 34.000 orang.

“Dalam menghadapi arus mudik lebaran tahun ini, kami terus mengoptimalkan pelayanan transportasi laut dengan menyiapkan kapal-kapal dan mengoptimalkan kinerja petugas di lapangan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan para penumpang,” tambah Dirjen Arif.

Saat ini, posko angkutan lebaran transportasi laut terus melakukan pemantauan di 110 pelabuhan pantau sejak 7 April hingga 8 Mei 2023. Posko-posko ini berfungsi sebagai pusat pengawasan dan koordinasi dan beroperasi selama 24 jam untuk memantau kondisi keamanan dan keselamatan pelayaran laut pada periode mudik dan balik lebaran.

“Kami berharap dengan adanya upaya-upaya tersebut, arus mudik lebaran tahun ini dapat berjalan lancar dan aman. Terima kasih,” ujar Dirjen Arif.

Baca Juga  Sambut Lebaran, Kemenhub Buka Posko Angkutan Laut

Mudik Gratis

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Hendri Ginting mengungkapkan bahwa program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut telah mendapat antusiasme yang besar dari masyarakat. Kapal KM. Dobonsolo disiapkan untuk mengangkut para pemudik dari Jakarta ke Semarang.

Voyage pertama tanggal 15 April total penumpang terangkut sebanyak 1.795 orang dan 751 motor. Voyage kedua tanggal 17 April penumpang terangkut 1.939 orang dan 816 motor,” ungkap Capt. Hendri Ginting.

Sedangkan untuk arus balik dengan rute Semarang – Jakarta, telah disiapkan kapal KM. Dobonsolo yang dioperatori PT. Pelni untuk keberangkatan voyage 1 tanggal 25 April 2023 terdaftar sebanyak 713 unit motor dan 1.650 orang penumpang. Sedangkan untuk voyage 2 pada tanggal 28 April 2023 terdaftar sebanyak 1.121 unit motor dan 2.499 orang penumpang.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar program mudik gratis untuk arus balik ini dapat membuka tautan https:/mudikgratis.dephub.go.id.

Sebagai bentuk apresiasi dan hiburan, program ini juga menyediakan panggung hiburan selama 2 hari di dalam terminal penumpang nusantara. Pada tanggal 25 April, pelepasan direncanakan akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah dan Wali Kota Semarang.

Program transportasi laut gratis untuk angkutan mudik 2023 dilaksanakan dalam rangka meringankan serta mengurangi kepadatan dan beban jalan dalam mudik lebaran tahun ini. Selain itu, program ini juga diselenggarakan untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan masyarakat dalam melakukan perjalanan.

Adapun program Mudik Gratis ini juga ada Grandprize untuk motor listrik, sepeda lipat, dan TV 32 inci.

“Kami berharap program mudik gratis ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan meningkatkan keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan mudik,” tutupnya.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion