Connect with us

Transportasi

Jalan Labuan Bajo – Golo Mori Diresmikan Presiden Jokowi dan Telan Anggaran Rp 481 M

Published

on

Peresmian Jalan Labuan Bajo - Golo Mori, Selasa (14/3/2023) [manggaraibaratkab]
Peresmian Jalan Labuan Bajo - Golo Mori, Selasa (14/3/2023) [manggaraibaratkab]

Manggarai Barat, Bindo.id – Presiden Jokowi telah meresmikan jalan yang membentang di Labuan Bajo-Golo Mori yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (14/3/2023). Peresmian jalan tersebut dilaksanakan pada kilometer 16 jalan tersebut.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim saya meresmikan jalan Labuan Bajo ke Golo Mori,” ucap Jokowi.

Dilansir dari detik.com, Panjang ruas jalan Labuan Bajo – Golo Mori yang hari ini diresmikan mempunyai panjang 25 kilometer. Anggaran yang dihabiskan dalam program pembangunan jalan tersebut senilai Rp481 miliar. Jokowi menuturkan pembangunan jalan tersebut untuk memberikan dukungan konektivitas pengembangan Labuan Bajo menjadi destinasi wisata super prioritas.

“Ini akan memperbaiki konektivitas dalam rangka mengembangkan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super prioritas,” ujar Jokowi.

Dalam peresmian jalan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, dan Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi.

Jalan Labuan Bajo – Golo Mori tersebut berguna sebagai penunjang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara ASEAN atau ASEAN Summit ke-42 yang rencananya akan digelar pada Mei 2023.

Salah satu venue KTT itu yaitu gedung MICE yang dibangun oleh ITDC. Gedung tersebut berada di Kawasan Ekonomi Khusus Golo Mori. Pembangunan ruas jalan Labuan Bajo-Golo Mori itu dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). PT Wijaya Karya dan PT Yodya Karya telah menangani proyek jalan tersebut sejak Januari 2022.

Perjalanan dari Labuan Bajo ke Golo Mori saat ini dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit sejak jalan ini diresmikan. Labuan Bajo-Golo Mori sebelumnya  membutuhkan waktu 2-3 jam. Hal ini disebabkan sebelumnya wilayah tersebut hanya dapat dilalui menggunakan jalur laut.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Tanggapi Polemik Timnas Israel di Piala Dunia U-20, Presiden Jokowi Minta Olahraga Tak Dikaitkan Dengan Politik