Connect with us

Transportasi

Hari ini Kereta Api Pangrango Bogor-Sukabumi Sudah Beroperasi Lagi

Published

on

Ilustrasi kereta api [antara]
Ilustrasi kereta api [antara]

Jakarta, Bindo.id – Kereta Api Pangrango jalur Bogor-Sukabumi hari ini sudah beroperasi kembali. Sebelumnya keberangkatan kereta api Pangrango ada pembatalan sebab adanya longsor di area jalur rel KM 2+6/7 antara Stasiun Bogor Paledang dan Batu Tulis.

Dilansir dari detik.com, Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menuturkan sejumlah upaya percepatan perbaikan jalur kereta api yang terkena dampak longsor pada jalur Bogor Paledang-Batu Tulis dilaksanakan oleh tim prasarana PT.KAI Daop 1 dengan DITJENDKA Kemenhub, Rabu (15/3/2023).

“KA Pangrango kembali beroperasi melayani penumpang pada Kamis 16 Maret 2023,” tutur Eva.

Eva menyebutkan salah satu upaya dilakukan untuk mempercepat agar layanan KA Pangrango kembali normal yaitu dengan mengadakan sejumlah perkuatan konstruksi jalan rel terutama di jalur hilir yang tak terkena dampak longsor.

Uji coba menjalankan lokomotif dengan melewati lokasi beberapa kali telah dilakukan. Dari hasil uji coba tersebut, sejak Kamis dini hari jalur tersebut dinyatakan aman untuk operasional kereta api.

Eva menyebutkan hari ini hanya 1 kereta api yang dibatalkan. Pembatalan keberangkatan satu kereta api hari ini yakni kereta api 213 relasi Sukabumi-Bogor yang jadwal keberangkatannya dari Stasiun Sukabumi pukul 05.30 WIB.

“Adapun untuk Kamis 16 Maret 2023 dari total 6 perjalanan KA yang normalnya beroperasi setiap hari hanya 1 KA yang dibatalkan, yaitu KA 213 relasi Sukabumi-Bogor dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Sukabumi pukul 05.30 WIB,” ujarnya.

Sedangkan 5 keberangkatan kereta apu Pangrango lainnya bisa beroperasi lagi untuk melayani penumpang. Informasi pembatalan keberangkatan telah diberitahukan oleh PT KAI kepada calon penumpang. Dirinya meminta calon penumpang yang terkena dampak memproses pembatalan tiket untuk memperoleh penggantian biaya.

“Untuk calon penumpang pada KA Pangrango yang terdampak pembatalan yakni KA 213 relasi Sukabumi-Bogor dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Sukabumi pukul 05.30 WIB telah diberikan informasi melalui pesan singkat ke nomor kontak yang telah dicantumkan saat melakukan transaksi tiket,” jelasnya.

Baca Juga  PeduliLindungi Diganti, Penumpang Kereta Api Diimbau Bawa Bukti Vaksin

Penggantian digelar di Stasiun Bogor Paledang dan Sukabumi. Besarnya biaya penggantian tiket yaitu 100 persen. Proses pembatalan dilaksanakan selama 7 hari.

Berikut ini daftar 5 Kereta api Pangrango yang sudah beroperasi untuk melayani penumpang, Kamis 16 Maret 2023 :

Keberangkatan dari Stasiun Bogor
– KA 216C jadwal keberangkatan pada  pukul 08.20 WIB
– KA 218C jadwal keberangkatan pada pukul 14.20 WIB
– KA 214C jadwal keberangkatan pada pukul 19.50 WIB

Keberangkatan dari Stasiun Sukabumi
– KA 215B jadwal keberangkatan pada pukul 11.25 WIB
– KA 217B jadwal keberangkatan pada pukul 17.25 WIB

Sedangkan jalur yang terkena dampak longsor saat ini masih pada proses perbaikan. Sejumlah tahapan pekerjaan dilakukan hingga di nyatakan aman untuk operasional kereta api.

Upaya perbaikan jalur rel terkena dampak longsor dilaksanakan oleh semua tim prasarana Daop 1 Jakarta.  Keselamatan dan keamanan merupakan poin utama.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion