Connect with us

HANKAM

Laksanakan Operasi Keselamatan, Satlantas Polresta Yogyakarta Amankan 21 Motor Knalpot Bising

Published

on

masker 169-af707d75

Yogyakarta, Bindo.id – Puluhan sepeda motor berknalpot bising terjaring razia Operasi Keselamatan Progo 2023 oleh jajaran Satlantas Polresta Yogyakarta, Kamis (9/2/2023).

Puluhan sepeda motor tersebut diamankan jajaran Polresta Yogyakarta karena menggunakan knalpot tidak sesuai standar.

Kabagops Polresta Yogyakarta, Kompol Danang Kuntadi, mengatakan dalam rangka Operasi Keselamatan Progo 2023, Polresta Yogyakarta melaksanakan penertiban pengendara kendaraan bermotor di Jalan Suryotomo.

“Kegiatan rutin yang ditingkatkan itu juga sekaligus bersamaan Operasi Keselamatan Progo 2023 dengan sasaran penindakan knalpot bising serta pengecekan senjata tajam dalam rangka antisipasi kejahatan jalanan,” katanya, Kamis (9/2/2023).

Sementara Kasatlantas Polresta Yogyakarta, AKP Maryanto, menambahkan pihaknya memberikan tindakan persuasif terhadap pengguna knalpot bising yang terjaring razia. Cara persuasif dilakukan dengan harapan masyarakat dapat teredukasi dan bersedia untuk mengganti knalpot sesuai standar.

“Kendaraan kami amankan dengan memberikan STP (Surat Tanda Penerimaan),” jelasnya.

Kendaraan yang melanggar itu kini diamankan di Mapolresta Yogyakarta. Pemilik diwajibkan membawa knalpot sesuai ketentuan saat hendak mengambil sepeda motornya.

“Dalam pengambilan (kendaraan) diwajibkan mengganti sesuai knalpot aslinya dan menunjukan STNK kendaraan serta melengkapi kelengkapan yang lain,” tegas AKP Maryanto.

Ia menuturkan, razia yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB itu sedikitnya Polisi mengamankan 21 kendaraan yang berknalpot bising. Selain di Jalan Suryotomo, jajaran Satlantas Polresta Yogyakarta juga menggelar operasi serupa di Jalan Kusumanegara.

“Ada 21 kendaraan yang berknalpot bising. Penggunaan Knalpot brong sangat mengganggu kenyamanan dan melanggar Pasal 285 UU No 22 Tahun 2009. Kami mengimbau masyarakat Jogja harus tertib berlalu lintas,” pungkasnya.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  TNI Aniaya Relawan Ganjar, Pakar Minta Aparat Hukum Perbaiki Aturan Tentang Knalpot Brong