Connect with us

Kesehatan

WHO Deklarasikan Berakhirnya Kondisi Darurat Covid-19 di Seluruh Dunia

Published

on

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus

Kesehatan, Bindo.id – WHO mengumumkan pada hari Jumat (5/5/2023) bahwa pandemi Covid-19 telah berakhir sebagai kondisi darurat kesehatan global. Keputusan tersebut diambil setelah pertemuan Komite Darurat WHO pada Kamis (4/5/2023) yang merekomendasikan agar WHO mendeklarasikan akhir dari darurat kesehatan publik global Covid-19 yang telah berlangsung selama lebih dari 3 tahun.

“Dengan harapan yang sangat besar, saya mendeklarasikan bahwa Covid-19 sudah bukan darurat kesehatan global,” kata Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Namun, meskipun kondisi darurat telah berakhir, Ghebreyesus menegaskan bahwa Covid masih tetap menjadi ancaman kesehatan global yang harus diwaspadai. Selain itu, berakhirnya pandemi Covid juga tidak berarti bahwa virus ini akan benar-benar hilang dari muka bumi.

Pandemi Covid-19 telah memakan korban sebanyak 6,9 juta jiwa di seluruh dunia sejak awal muncul pada tahun 2020. Pada puncaknya di Januari 2021, sekitar 100.000 orang meninggal setiap pekan karena Covid. Namun, per April 2023, jumlah kematian akibat Covid sekitar 3.500 orang per pekan.

Meskipun berakhirnya kondisi darurat Covid menunjukkan keberhasilan negara-negara di seluruh dunia dalam penanganan pandemi, WHO tetap menekankan pentingnya belajar dari pandemi ini agar kita bisa lebih siap menghadapi ancaman kesehatan global di masa depan.

“Covid telah mengubah dunia, mengubah kita. Seperti apa yang seharusnya terjadi. Jika kita kembali seperti dulu sebelum Covid, kita gagal untuk belajar dan bersalah ke generasi masa depan,” kata Ghebreyesus.

Penting untuk dicatat bahwa WHO tidak pernah secara resmi mendeklarasikan awal atau akhir dari pandemi. Namun, WHO pertama kali menggunakan kata “pandemi” untuk mendeskripsikan wabah Covid pada Maret 2020.

Beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa telah lebih dulu mengumumkan akhir pandemi Covid di wilayah mereka, tetapi berakhirnya kondisi darurat Covid secara global bisa berarti berakhirnya kolaborasi internasional termasuk dalam hal pendanaan untuk penanggulangan Covid.

Baca Juga  Virtual Office Diduga Jadi Penyebab Ruko-Kantor Kosong di Jakarta

Dalam rangka untuk melindungi kesehatan publik global, perlu untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menempuh langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk mengendalikan penyebaran virus Covid-19, termasuk vaksinasi dan penggunaan masker. Dengan belajar dari pandemi ini, kita dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapi ancaman kesehatan global di masa depan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion