Connect with us

Destinasi

Sambut Bulan Ramadhan Ada 5 Tradisi Unik Di Ciamis Yang Dapat Kita Lihat

Published

on

Ilustrasi tradisi sambut bulan Ramadhan di Ciamis [tribunnews]

Ciamis, Bindo.id – Bulan Ramadan akan segera datang.

Berbagai macam tradisi dilaksajakan umat Muslim untuk menyambut datangnya bulan yang agung ini.

Salah satunya yakni di daerah Ciamis.
Menjelang Bulan Ramadan, terdapat berbagai tradisi unik yang biasanya diselenggarakan oleh masyarakat Tatar Galuh Ciamis.

Biasanya tradisi tersebut diselenggarakan di tempat keramat maupun situs bersejarah.

Tradisi ini biasanya diisi dengan doa bersama, ziarah ke makam leluhur, tokoh, serta gotong royong untuk membersihkan situs bersejarah. Tradisi ini juga diakhiri dengan makan bersama.

Berikut ini sejumlah tradisi serta jadwalnya untuk menyambut Ramadan yang dapat dilihat ketika berkunjung ke daerah Ciamis.

Tradisi Misalin Digelar Minggu 3 Maret 2024

Tradisi Misalin Situs Prabu Sigaluh Salawe berlokasi di Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas. Misalin sudah ada sejak dahulu. Tradisi ini juga sudah diwariskan secara turun temurun. Komunitas adat Kawargian Galuh Salawe, Cimaragas sebagai penyelenggara tradisi ink

Makna dari Misalin yakni membersihkan diri atau mensucikan diri menjelang datangnya bulan Ramadan. Misalin terdiri dari 2 kata bahasa Sunda. Mi memiliki arti berkegiatan serta salin yang memiliki arti mengganti. Sehingga Misalin memiliki filosofi mengganti yang tak baik dengan menjadi baik.

Tradisi Ngikis Digelar Senin 4 Maret 2024

Tradisi unik menjelang Ramadan lainnya yakni Ngikis. Tradisi ini digelar di Situs Bojong Galuh Karangkamulyan, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing.

Tradisi ini juga berlangsung secara turun temurun yang diselenggarakan oleh warga Desa Karangkamulyan. Ngikis sebagai penghormatan bagi leluhur dari warga Karangkamulyan.

Ngikis memiliki arti mensucikan diri serta memagar hati menjaga dari perbuatan yang tak baik. Ngikis biasanya diselenggarakan seminggu sebelum datangnya bulan Ramadan.

Prosesi inti yaknu mengganti pagar Situs Pangcalikan dengan pagar baru. Filosofi penggantian pagar ini yaknj mengganti perbuatan serta perilaku lebih baik, sehingga ketika menjalani ibadah puasa kondisinya sudah bersih.

Merlawu Digelar Senin 4 Maret 2024

Tradisi selanjutnya yakni Merlawu. Tradisi ini digelar di Situs Prabu Dimuntur, Situs Susuru, Desa Kertabumi, Kecamatan Cijeungjing. Tradisi ini diawali dengan ziarah ke Makam Prabu Dimuntur, kemudian beber sejarah serta diakhiri dengan balakecrakan.

Baca Juga  Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Selama Ramadhan 1444 H Bagi Wilayah Jakarta

Tradisi Merlawu ini sebagai penghormatan kepada para Leluhur serta senantiasa menjalin kerukunan di dalam hidup bermasyarakat, keakraban serta solidaritas kepada sesama warga.

Nyekar Balaniska Digelar Selasa 5 Maret 2024

Tradisi Nyekar Balaniska ini diselenggarakan di Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing. Warga melakukan ziarah di situs ini untuk menghormati serta mengingat jasa leluhur yang sudah menyebarkan agama Islam yang ada di wilayah Cijeungjing dan sekitarnya.

Ngikis Situs Singaperbangsa Digelar Kamis 7 Maret 2024

Tradisi Ngikis diselenggarakan di Situs Singaperbangsa III, Kecamatan Cisaga. Tradisi Ngikis ini dilaksanakan dengan melakukan pemagaran lokasi situs secara simbolis. Maknanya yaitu selama bulan puasa menjaga hawa nafsu dan menjaga kesucian diri.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *