Bisnis
FedEx Rayakan 40 Tahun Menghubungkan Indonesia dengan Dunia, Tegaskan Komitmen untuk Pertumbuhan Masa Depan

Jakarta (Bindo.id) — Federal Express Corporation, salah satu perusahaan transportasi ekspres terbesar di dunia, baru-baru ini merayakan 40 tahun operasinya di Indonesia.
Dalam momen spesial ini, mereka menegaskan kembali komitmennya untuk mendukung bisnis Indonesia agar terhubung ke lebih dari 220 negara dan wilayah di seluruh dunia. Mengingat sektor logistik memainkan peran krusial dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, FedEx berkomitmen untuk terus memberikan dukungan ke berbagai jenis bisnis di Indonesia melalui jaringan global dan pengalaman mereka yang luas di bidang logistik.
“Selama empat dekade, FedEx memiliki kehormatan untuk melayani pasar Indonesia, yang memungkinkan bisnis lokal untuk terhubung dengan berbagai peluang di seluruh dunia. Dengan momentum perayaan 40 tahun beroperasi di Indonesia, komitmen kami tetap kuat untuk solusi logistik kelas dunia memberdayakan bisnis lokal guna mendorong pertumbuhan, memperluas jangkauan global mereka, dan berkontribusi pada kemajuan ekonomi Indonesia,” kata Garrick Thompson, Managing Director, FedEx Indonesia. “Bisnis di Indonesia merupakan kekuatan vital dalam ekonomi global, dan FedEx berdedikasi untuk mendukung pertumbuhan dan keberhasilan mereka. Jaringan udara dan darat kami yang kuat, layanan yang terpercaya dan inovatif, serta tim yang terlatih, semuanya dirancang untuk membantu bisnis Indonesia bersaing di pasar global. Pencapaian selama ini bukan hanya refleksi dari apa yang sudah kami raih, tapi juga bukti bahwa kami berkomitmen kuat untuk memberdayakan bisnis lokal agar bisa berkembang secara global. Bersama, kita akan terus mendorong kemajuan ekonomi dan membawa dampak positif yang berkelanjutan bagi pasar global.”
FedEx terus memperkuat infrastruktur layanannya di Indonesia, sekaligus memperluas jaringan logistik nasionalnya. Salah satu pencapaian dari upaya ini adalah layanan pengiriman impor ke Jakarta yang kini lebih cepat–dengan waktu transit satu hari lebih cepat untuk pengiriman dari Asia, Eropa, dan Amerika Serikat. Dengan peningkatan ini, pelaku bisnis di Indonesia bisa mendapatkan barang lebih cepat, lebih tanggap dalam menghadapi dinamika pasar, dan lebih efisien dalam memenuhi kebutuhan pelanggan mereka.
FedEx juga meluncurkan fasilitas Denpasar Gateway—sebuah gateway modern yang secara signifikan meningkatkan kapabilitas ekspor bagi pelaku usaha di Bali. Fasilitas ini menawarkan solusi pengiriman yang lebih efisien dan bisa diandalkan untuk para pelaku usaha di Denpasar dan sekitarnya. Dengan keberadaan fasilitas ini, FedEx memperluas jangkauannya serta membuka akses bagi bisnis lokal di Bali untuk terhubung dengan pasar internasional, sehingga membuka peluang baru untuk berkembang.
FedEx sedang memperkuat keunggulan operasionalnya di Indonesia melalui investasi strategis dan peningkatan layanan. Dengan mengoptimalkan rantai pasok dan menyederhanakan proses logistik, FedEx turut membantu bisnis agar tetap kompetitif di pasar global—memastikan mereka mampu lebih cepat, efisien, dan andal dalam menghadapi perubahan permintaan yang terus berubah.
Merayakan pelanggan kami
FedEx berkomitmen untuk mengembangkan solusi logistik yang mampu menyesuaikan kebutuhan dari tiap pelanggan serta menghadirkan perangkat daring canggih demi memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan kami. Salah satu contohnya adalah Balizen, merek ramah lingkungan asal Indonesia yang menawarkan kerajinan tangan tradisional Bali. Balizen memanfaatkan solusi pengiriman berkelanjutan dari FedEx dalam upayanya membangun dan mempertahankan kehadiran di pasar global seperti Amerika Serikat, Korea, Jepang, Singapura, dan Australia. Sejak membuka toko pertamanya di tahun 2003, Balizen telah mengandalkan jangkauan global, solusi logistik, dan perangkat digital FedEx untuk mendukung pertumbuhan dan operasional bisnisnya.
Salah satunya adalah FedEx International Connect Plus (FICP), yang membantu bisnis lokal dengan pengiriman e-commerce yang terjamin dalam satu hari. FedEx juga baru-baru ini meluncurkan Collaborative Shipping Tool, yang dapat menyederhanakan proses impor dan memperlancar kolaborasi antara importir dan pengirim selama pembuatan Airway Bill (AWB).
Merayakan komunitas lokal
Sebagai bagian dari perayaan ulang tahun yang ke-40, FedEx meluncurkan serangkaian inisiatif FedEx Cares untuk mendukung komunitas lokal. FedEx Cares merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) global perusahaan, yang berfokus pada pemberdayaan UKM, mendukung komunitas yang kurang terlayani, dan mempromosikan keberlanjutan lingkungan.
Pada bulan Februari, karyawan FedEx menjadi sukarelawan untuk mengajar anak-anak jalanan selama acara edukasi di Taman Bacaan Masyarakat Kolong. Selain itu, FedEx menyelenggarakan acara buka puasa bersama dengan 20 anak panti asuhan pada bulan Maret di Yayasan Al-Mawaddah, serta turut menyumbangkan makanan dan perlengkapan sekolah. Pada bulan April, FedEx juga bekerja sama dengan Trees4Trees untuk menyelenggarakan kegiatan penanaman 300 pohon di GIIC Bekasi dalam rangka memperingati Hari Bumi.
Pada momentum perayaan ulang tahunnya yang ke-40 di tahun 2025, FedEx telah merencanakan serangkaian acara penjangkauan sepanjang tahun untuk melibatkan masyarakat setempat.
Merayakan masa depan
Kedepannya, FedEx akan terus berfokus pada visinya di tahun 2025 dan tahun mendatang, dengan fokus pada pengembangan lingkungan kerja yang peduli dan inklusif, sekaligus menegakkan standar keselamatan dan keamanan tertinggi. “Dedikasi kami terhadap Indonesia tidak hanya sekedar melayani pelanggan; tetapi juga membangun kolaborasi dan mendorong pembangunan ekonomi. Kami memahami kebutuhan unik bisnis lokal dan terus berupaya untuk menyediakan solusi inovatif yang dapat membuka akses ke pasar global,” ungkap Garrick. “Kami akan terus berfokus pada pelanggan dengan menempatkan mereka sebagai inti dari seluruh aspek kegiatan kami, guna memastikan setiap pengalaman yang mereka miliki dengan FedEx sangat berarti. Saat kami menatap masa depan, kami tetap berkomitmen untuk mempertahankan kualitas pelayanan terbaik kami dan memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa mendatang.”.(bas)
Ikuti berita terkini dari BINDO di
YouTube, dan Dailymotion