Connect with us

Bisnis

Bersama Prakerja, Bukalapak dan Rumah Siap Kerja Tingkatkan Kapabilitas Pekerja Hingga ke Indonesia Timur

Published

on

foto:istimewa

Jakarta, Bindo.id – Sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kualitas dan kapabilitas tenaga kerja Indonesia, Bukalapak sebagai mitra digital platform Prakerja terus memperkuat kerjasama dengan Rumah Siap Kerja, salah satu Lembaga Pelatihan (LP) Prakerja.

Melalui kerjasama ini, Bukalapak dan Rumah Siap Kerja berupaya memperluas kesempatan bagi masyarakat di seluruh nusantara, termasuk di timur Indonesia, dalam berkarir dan berbisnis melalui beragam kelas pelatihan. Dengan begitu, kesempatan untuk mengembangkan kompetensi diri bisa semakin inklusif.

“Bukalapak ingin terus memberikan dampak positif tidak hanya di kota-kota besar di Indonesia, tapi juga ke seluruh penjuru negeri, dari Sabang sampai Merauke. Menjadi bagian dari Program Kartu Prakerja tentunya membantu kami mewujudkan keinginan ini. Kami dapat menjangkau dan memberikan kesempatan para angkatan kerja di berbagai daerah untuk mengembangkan kompetensi diri. Dengan menggabungkan platform teknologi yang kami miliki dengan kolaborasi  bersama para lembaga pelatihan, termasuk Rumah Siap Kerja, kami berharap dapat senantiasa memberikan kesempatan bagi para peserta dan alumni Prakerja untuk menemukan kelas pelatihan sesuai minat dan kebutuhan mereka”, ujar Nungky Aprilia, Head of Mitra Financial Services, dalam kegiatan Media Gathering di Ambon (25/10).

Rumah Siap Kerja telah bermitra dengan Bukalapak sejak tahun 2021 dan menjadi salah satu Lembaga Pelatihan terpopuler bagi peserta Prakerja di Bukalapak selama periode tahun 2023.

Rumah Siap Kerja sendiri merupakan wadah yang dibangun untuk mendorong anak muda berbisnis dan berwirausaha guna menciptakan lapangan kerja sehingga dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Melalui kelas-kelas pelatihan Rumah Siap Kerja yang tersedia di platform Bukalapak, kedua pihak telah membantu para peserta Prakerja memperluas kesempatan dalam mengembangkan skill untuk  mencari pekerjaan atau membangun usaha.

Rumah Siap Kerja telah menyediakan lebih dari 30 kelas pelatihan baik online maupun offline di Bukalapak. Topik pelatihan yang disediakan beragam mulai dari penjualan dan bisnis, pemasaran, pertanian, perkebunan, IT dan data, desain grafis, bahasa asing, hingga topik terkait pengembangan diri.

Baca Juga  Bukalapak Dukung Pertumbuhan Ekonomi Melalui Pemberdayaan UMKM Perempuan Go Digital

“Rumah Siap Kerja merupakan one stop services dalam menciptakan minat tinggi dalam kewirausahaan dan pengembangan profesional bagi generasi muda Indonesia. Melalui kerjasama dengan Bukalapak, kami dapat terus mewujudkan misi kami ini dengan memberikan akses ke beragam kelas pelatihan bagi para peserta dan alumni Prakerja di seluruh penjuru nusantara”, ujar Kevin Nurtanio, VP Product Rumah Siap Kerja.

Kerjasama antara Bukalapak dengan berbagai Lembaga Pelatihan telah memberikan manfaat ke banyak masyarakat Indonesia, termasuk Emelya Eka Safitri, salah satu alumni Prakerja dari Ambon.

Terdorong oleh keinginan untuk memperkuat sertifikasi yang didapat di bangku kuliah, Emelya mengikuti kelas “Menjadi Pengawas K3” di Prakerja.

“Melalui kelas ini, saya mendapatkan banyak manfaat tentang dasar-dasar pengetahuan K3. Hal ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan saya sebagai bekal untuk membangun karir. Materi yang dijelaskan sangat detail dan jelas sehingga mudah bagi saya untuk memahami materi yang disampaikan, sehingga saya sangat antusias dalam mendalami materi-materi yang disediakan”, ujar Emelya.

Selain mengambil kelas di bidang K3, Emelya juga memilih kelas pelatihan penyusunan dokumen.

Hasilnya, sekarang ia dapat mengimplementasikan pengetahuan yang didapatnya sebagai pekerja honorer di instansi pemerintahan di Ambon.

Sebagai pekerja di bidang pembangunan infrastruktur daerah, Emelya bertugas untuk menjembatani komunikasi dengan warga terkait pembangunan drainase, jembatan, lingkungan, dan lain sebagainya.

Kisah Emelya merupakan satu dari banyaknya kisah sukses alumni Prakerja. Misi Prakerja memaksimalkan akses pembelajaran ke seluruh daerah di Indonesia, termasuk Indonesia Timur, juga sejalan dengan salah satu prioritas pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia lewat pendidikan yang sama untuk semua.

Maluku menjadi salah satu daerah dengan kebutuhan ini. Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku mencatat jumlah angkatan kerja di Maluku pada Februari 2022 sebanyak 876.813 orang, atau naik sebanyak 40.642 orang dibandingkan dengan Februari 2021 yaitu sebanyak 836.171 orang.

Baca Juga  Bukalapak Dukung Pertumbuhan Ekonomi Melalui Pemberdayaan UMKM Perempuan Go Digital

Sedangkan tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) di Maluku pada Februari 2022 sebesar 63,08 persen, turun dibanding TPAK 2021 yang mencapai 64,40 persen.

Hal ini menunjukan bahwa masih banyak potensi yang bisa dimaksimalkan oleh Prakerja untuk meningkatkan partisipasi kerja di Maluku.

Selain mengambil bagian di Prakerja sebagai digital platform, Bukalapak juga mendukung beragam inisiatif dari program ini, termasuk kegiatan Temu Alumni Prakerja yang akan diadakan di Ambon pada 26 Oktober 2023.

Lydia Maria Kusnadi, Head of Communication Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menyampaikan, “Kami percaya bahwa setiap orang dari berbagai daerah dan lapisan berhak memiliki kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang. Dengan membangun

Kultur belajar sepanjang hayat (lifelong learning) lewat Prakerja, secara tidak langsung kami ingin menumbuhkan kebiasaan masyarakat untuk terus meningkatkan kemampuan dalam dirinya di manapun dan kapanpun di tengah pasar kerja yang bergerak sangat cepat.”

Sejak tahun 2020 hingga saat ini, Bukalapak telah bermitra dengan lebih dari 90 Lembaga Pelatihan dan memberikan lebih dari ~600 pelatihan kepada lebih dari ~6,000,000 pengguna Prakerja.

Tidak hanya menyediakan berbagai pelatihan, Bukalapak juga turut mendampingi Alumni Penerima Prakerja dan masyarakat umum melalui berbagai macam aktivitas seperti memberikan modal usaha hingga pelatihan gratis kepada alumni dan masyarakat umum melalui kerjasama dengan Lembaga Pelatihan.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *