Connect with us

Ekonomi

Ekspor Rumput Laut Ke China Hingga Korea Terus Didorong Peningkatannya

Published

on

RI dorong ekspor rumput laut ke China hingga Korea [bisnis]

Jakarta, Bindo.id – Holding BUMN Pangan (ID Food) tingkatkan nilai tambah produk perikanan dan kelautan dalam negeri dengan meningkatkan ekspor rumput laut ke China.

VP Perdagangan dan Logistik ID Food Ferry Fardiansyah menuturkan salah satu potential buyer di waktu dekat akan melaksanakan kerja sama ekspor-impor rumput laut dengan ID Food bernama Jianxi Lemon Biotechnology Co. Ltd.

Potensi penjualannya mencapai 1.200 Metrix Ton (MT)/tahun.

“Rencana pengiriman pertama yang akan kita lakukan adalah sebesar 100 ton di bulan April 2024, untuk komoditas rumput laut Cottonii (Cottonii seaweed). Ini merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan ekspor rumput laut ke Tiongkok sebagai salah satu pasar terbesar rumput laut dunia,” ujarnya, Jumat (22/3/2024).

Ferry berpendapat peluang ekspor rumput laut maupun komoditas perikanan ke China dianggap sangat menjanjikan. Dirinya menyampaikan hal ini setelah perhelatan pameran di Fuzhou Strait International Conference and Exhibition Centre Hall, Fuzhou, China, Kamis (21/3/2024).

ID Food terus lakukan berbagai upaya strategis untuk mendongkrak ekspor.

Kata Ferry, upaya yang dilakukan yakni aktif mengikuti berbagai eksebisi berskala internasional. Selain itu, pihaknya juga mengadakan penjajakan kerja sama dengan beberapa perusahaan Tiongkok.

“Hal tersebut untuk mengenalkan produk rumput laut Indonesia. Seperti pada kesempatan kali ini kita melakukan lawatan ke Tiongkok untuk mengikuti pameran Cross-Border E-commerce berskala internasional dan melakukan kunjungan bisnis ke sejumlah perusahaan Tiongkok yang bergerak di sektor pangan dan perdagangan,” tuturnya.

Puluhan potential buyer yang memiliki potensi kerja sama senilai Rp 64 miliar berhasil dujaring lewat kegiatan ini.

Tentang rencana perdana ekspor oleh ID Food, kata Ferry, selanjutnya sedang dipersiapkan penandatanganan nota kesepahaman dengan Jianxi Lemon Biotechnology Co. Ltd.

Baca Juga  Perdana, Subholding Pelindo Garap Ekspor 29 Ton Hasil Laut ke Tiongkok

Nota kesepahaman ini sebagai landasan awal untuk kerja sama yang lebih luas.

Selain memperlihatkan produk rumput laut, pada kunjungan bisnis dan pameran Cross-border E-commerce yang diselenggarakan pada tanggal 18-20 Maret 2024 tersebut, ID FOOD juga memperkenalkan aneka produk lainnya.

Produk yang dikenalkan diantaranya seafood, kopi unggulan dari berbagai daerah, rempah, coconut palm oil, serta garam.

Kata Ferry, komoditas ruput laut sebagai salah satu komoditas unggulan perusahaan yang saat ini peningkatam ekspirnya terus didorong.

Di tahun 2023, lewat anak perusahaannya PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), ID FOOD sudah melaksanakan ekspor rumput laut Eucheuma Cottoni sebanyak 212 MT.

Rumput laut yang diekspor merupakan hasil produksi petani dalam negeri yang di off take langsung oleh perusahaan.

“Tahun lalu ID FOOD telah melakukan ekspor rumput laut ke sejumlah negara seperti Tiongkok, Korea, Taiwan, dan Vietnam. Kerja sama ekspor terbaru ini akan meningkatkan volume ekspor rumput laut si tahun ini,” paparnya.

ID FOOD mempunyai gudang penyimpanan khusus rumput laut demi mendukung kegiatan ekspor rumput laut tersebut.

Gudang tersebut berlokasi di Tanjung Perak berkapasitas 6.000 MT serta Buduran berkapasitas 700 MT.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion