Connect with us

Transportasi

KAI Services All Out di Masa Nataru: Ribuan Personel, Promo Kuliner, dan Penguatan Keamanan

Published

on

Foto istimewa/KAI Services

Jakarta (Bindo.id) – KAI Services mengerahkan seluruh Insan KAI Services untuk memberikan pelayanan terbaik di masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang berlangsung dimulai tanggal 18 Desember 2025 sampai dengan tanggal 4 Januari 2026.

Layanan mulai dari parkir, security, cleaning, loko café, prama prami, hingga Kuliner Kereta memberikan pelayanan untuk para penumpang kereta api yang melakukan perjalanan liburan akhir tahun agar penumpang mendapatkan kenyamanan, keamanan, dan menikmati perjalanan yang menyenangkan.

Beberapa persiapan untuk menyambut angkutan natal dan tahun baru ini telah dilakukan agar berjalan dengan lancar dan sukses, diantaranya pelaksanaan join inspection pra nataru untuk memastikan kesiapan aspek layanan di Stasiun diantaranya parkir, security, cleaning dan seluruh area operasional Perusahaan agar memenuhi standar layanan demi peningkatan kenyamanan penumpang. Hal ini meliputi pengecekan kereta makan, dapur, gudang, area parkir, stasiun, mess dan area lainnya guna menginventarisir kebutuhan dan perbaikan yang diperlukan. 

Pengecekan dan perawatan peralatan kereta makan, café, dapur, kebersihan dan parkir mengarah kepada Siap Operasi, termasuk menyiapkan peralatan Cadangan & spare part pendukung. Pelatihan basic training dan recurrent training (hospitality & safety) juga diberikan kepada seluruh frontliners. 

Penambahan personel juga dilakukan mengingat tingginya lonjakan penumpang kereta, tingginya transaksi yang ada serta kapasitas produksi dapur yang meningkat baik di dapur sentral maupun dapur wilayah. Penambahan man power harian selama masa angkutan Nataru meliputi penambahan Prama/I sebanyak 381 orang, Praja/I sebanyak 42 orang, Tenaga Kebersihan sebanyak 490 orang, Petugas Parkir sebanyak 198 orang, Logistik sebanyak 89 orang, dan Produksi sebanyak 67 orang.

Dengan adanya penambahan ini diharapkan membantu kelancaran operasional, peningkatan pelayanan, memastikan keamanan, ketertiban dan kenyamanan penumpang kereta api yang akan melakukan perjalanan liburan di masa liburan nataru 2025.

Tidak hanya mempersiapkan personil, KAI Services juga menyiapkan berbagai program layanan untuk para penumpang di masa liburan nataru kali ini. ResCleaning telah menyiapkan 18 personel untuk mengkampanyekan “Liburan Minim Sampah”. Sementara itu, Resparking telah menyiapkan berbagai layanan unggulan seperti perluasan lahan, peningkatan kapasitas, perbaikan area parkir melalui pengecatan ulang marka dan rambu, pengaspalan area parkir, pembaruan sistem, serta pemasangan kanopi di beberapa titik strategis, dan penyediaan sarung helm untuk seluruh pengendara motor yang memarkirkan kendaraannya.Upaya ini dilakukan untuk melindungi helm pelanggan dari hujan maupun debu selama kendaraan ditinggalkan, mengingat kondisi cuaca yang kerap tidak menentu pada akhir tahun.

Baca Juga  KAI Services Gelar Pembinaan untuk 100 Petugas Keamanan Jelang Libur Panjang

Resparking juga menyediakan dongkrak hidrolik dan jumper aki bagi pengendara mobil yang membutuhkan bantuan teknis saat mengambil kendaraannya setelah perjalanan Nataru. Layanan ini dapat diakses secara gratis di berbagai stasiun seperti Gambir, Pasar Senen, Bandung Utara, Kiaracondong Utara, Cirebon, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Purwokerto, Kutoarjo, Tugu, Solo Balapan, Madiun, Gubeng Baru, Surabaya Pasar Turi, Malang Kota Baru, hingga Jember. 

KAI Services juga melakukan penebalan personel satuan keamanan di beberapa stasiun besar di beberapa wilayah dengan menambah dua personel satuan keamanan di setiap stasiun. Adapun stasiun-stasiun yang mendapatkan penebalan keamanan di wilayah Regional Jakarta antara lain Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikarang, Stasiun Cikampek, Stasiun Sukabumi. Penebalan pasukan ini akan dilakukan dua shift yakni shift siang dan shift pagi. Khusus untuk penebalan pasukan di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, dilakukan penebalan sebanyak 12 personil dalam satu hari. Di sisi logistic, KAI Services juga memastikan ketersediaan stock barang sesuai dengan rencana termasuk delivery barang tersebut. Selain itu, dilakukan juga inventarisir kapasitas dan mengecek kondisi Gudang dan rencana pemenuhan Gudang tambahan serta pengaturan tata letak barang.

Sementara untuk Kuliner Kereta, KAI Services menyiapkan beberapa produk baru seperti Cuank Enak, dimsum, sosis solo, shabu dll. Promo sepanjang masa angkutan nataru ini juga banyak ditawarkan kepada para pelanggan seperti bundling product Cuank! Enak+Aqua hanya sebesar Rp30.000,-, promo Buy 2 Get 1 untuk pembelian Rejuve dan promo lainnya.

Untuk mendukung ekonomi di daerah-daerah Indonesia dan meningkatkan pelayanan penumpang, maka Kuliner Kereta menggelar kembali program Legendary Culinary yang menghadirkan cita rasa tradisional melalui menu-menu yang selama ini sudah akrab dan melegenda di tengah masyarakat. 

Baca Juga  Jelang Nataru, 6 Bahan Pokok Dapat Diskon 70 Persen

Sejumlah kuliner khas daerah bisa penumpang dapatkan didalam perjalanan kereta. Mulai dari Nasi Jamblang Bu Nur Cirebon, Gudeg Bu Tjitro Yogyakarta, Dawet Mbo Darmi Solo, Soto Cak Har Surabaya, Tahu Walik Banyuwangi, dan lainnya. Legendary Culinary menghadirkan 25 kuliner khas dari 11 kota di Pulau Jawa di 59 nomor kereta api. Selain itu, Loko Café juga menyiapkan promo khusus di masa Nataru kali ini diantaranya buat pengunjung yang membawa thumbler dapat menikmati diskon 50 % setiap hari selasa pukul 13.00 sampai 16.00 dan dapatkan diskon untuk pembelian americano, coffee late dan ice loko gula aren. 

Menurut Direktur Utama KAI Services, Ririn Widi Astutik, seluruh insan KAI Services berkolaborasi untuk memastikan perjalanan penumpang kereta api di masa Nataru tahun ini aman, nyaman, dan menyenangkan. KAI Services terus berkomitmen memberikan pelayanan terdepan untuk pelanggan di momen libur akhir tahun ini.

“Lebih dari 10.000 insan KAI Services dari semua unit bisnis akan kami kerahkan untuk masa Nataru 2025 ini. Mereka tersebar di seluruh area di Pulau Jawa dan Sumatera untuk menjaga kelancaran, keamanan dan kenyamanan para penumpang dan menjamin semua pelayanan dapat terjaga dengan baik.” ujar Ririn dalam keterangan resminya pada Senin (15/12).(ahmad)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
YouTube, dan Dailymotion