Transportasi
KAI Logistik Catat Pengelolaan 17 Juta Ton Barang pada Triwulan III 2025
JAKARTA (Bindo.id) – PT KAI Logistik kembali menorehkan kinerja positif pada triwulan III tahun 2025. Hingga akhir September, perusahaan berhasil mengelola lebih dari 17 juta ton barang dari berbagai segmen layanan, mencerminkan solidnya performa operasional dan efektivitas strategi transformasi bisnis yang dijalankan sepanjang tahun.
Direktur Utama KAI Logistik Fredi Firmansyah menyampaikan bahwa capaian tersebut menjadi bukti nyata dari efektivitas strategi perusahaan dalam memperkuat fondasi bisnis, meningkatkan produktivitas layanan, serta menghadirkan solusi logistik yang adaptif terhadap kebutuhan pelanggan.
“KAI Logistik mencatat kinerja positif di triwulan III. Pertumbuhan di hampir seluruh segmen layanan menunjukkan kepercayaan pelanggan yang terus meningkat. Capaian ini tidak lepas dari langkah strategis seperti peningkatan kompetensi operasional, digitalisasi proses layanan, hingga penguatan infrastruktur logistik di berbagai daerah,” kata Fredi, Rabu (22/10/2025).
Dari total volume tersebut, batubara menjadi kontributor utama dengan capaian 12,72 juta ton atau sekitar 74 persen dari total kinerja perusahaan. Volume ini meningkat seiring tingginya permintaan logistik energi untuk mendukung ketahanan energi nasional. Selanjutnya, layanan pra dan purna angkutan BBM serta BBK mencatat 2,26 juta ton, diikuti oleh angkutan kereta kontainer sebanyak 1,80 juta ton.
Segmen non-kontainer mencapai 333.836 ton, sedangkan layanan kurir dan ekspres tumbuh signifikan dengan capaian 48.117 ton. Hampir seluruh segmen menunjukkan tren pertumbuhan positif dibandingkan triwulan sebelumnya, menandai momentum berkelanjutan dari upaya KAI Logistik dalam memperkuat kinerja operasional sekaligus memperluas basis pelanggan di berbagai sektor industri.
Pertumbuhan dibandingkan triwulan II tercatat pada layanan bongkar muat batubara yang meningkat hingga 21 persen, non-kontainer naik 10 persen, kereta kontainer naik 7 persen, serta layanan kurir tumbuh 24 persen, dari 14.924 ton menjadi lebih dari 18 ribu ton. Sementara itu, layanan pra dan purna BBM serta BBK juga mencatat kenaikan stabil sekitar 4 persen.
“Pertumbuhan ini merefleksikan bahwa strategi transformasi yang kami jalankan bergerak ke arah yang tepat. Kami akan terus berinovasi menghadirkan layanan yang responsif, berstandar tinggi, serta mendukung sistem logistik nasional yang efisien dan berkelanjutan,” lanjut Fredi.
Selain fokus pada efisiensi dan digitalisasi, KAI Logistik juga menjalankan berbagai inisiatif strategis seperti percepatan sertifikasi halal di sejumlah terminal logistik, penguatan komitmen green logistics, serta peningkatan layanan ritel KALOG Express melalui digitalisasi dan perluasan jaringan operasional.
Kinerja positif triwulan III 2025 sekaligus memperkuat posisi KAI Logistik sebagai penyedia jasa logistik berbasis kereta api terdepan di Indonesia. Perusahaan berkomitmen menghadirkan solusi logistik yang tidak hanya menggerakkan barang dan ekonomi, tetapi juga membawa nilai keberlanjutan bagi negeri.(bas)
Ikuti berita terkini dari BINDO di
YouTube, dan Dailymotion
