Connect with us

Peristiwa

11 Pendaki Tewas Akibat Terjebak Saat Gunung Marapi Meletus

Published

on

Gunung Marapi Sumatera Barat erupsi [bisnis]
Gunung Marapi Sumatera Barat erupsi [bisnis]

Padang, Bindo.id – Ada 11 orang pendaki Gunung Marapi Sumatera Barat ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, Senin (4/12/2023).

“Hingga pukul 07.00 WIB tadi sudah ditemukan 11 pendaki dalam keadaan MD (Meninggal Dunia). Sedangkan 3 orang lainnya selamat,” ujar Kepala Basarnas Padang, Abdul Malik, Senin (4/12/2023).

Abdul Malik menuturkan identitas korban yang meninggal dunia tersebut belum diketahui. Korban saat ini dalam proses evakuasi dari atas gunung.

Data yang diperoleh dari Basarnas Padang, terdapat 75 pendaki yang terjebak ketika terjadi erupsi Gunung Marapi pada Minggu sore (3/12/2023).

Ada 49 orang berhasil dilakukan evakuasi dengan kondisi selamat pada Minggu malam. Sampai saat ini pendaki yang belum ditemukan masih ada 12 orang.

Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) meletus sekitar jam 14.53 WIB, Minggu (3/12/2023). Kepala Pos Pengamatan Gunung Marapi, Ahmad Rifandi membenarkan adanya erupsi di gunung tersebut.

“Ketinggian kolom abu tidak teramati karena tertutup awan. Untuk radius erupsi masih di 3 kilometer,” ungkap Rifandi, Minggu (3/12/2023).

Rifandi menuturkan saat ini status Gunung Marapi levelnya masih waspada.

Masyarakat diimbau agar mendekati wilayah yang rawan terkena dampak erupsi. Apabila keluar rumah, masyarakat diminta agar memakai topi, kaca mata, jaket, maupun masker sebab ada hujan abu yang terbawa angin. Gunung Marapi letaknya berada di daerah Agam dan Tanah Datar.

Ketinggian dari gunung ini mencapai 2.891 meter dari permukaan laut.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Pencarian Dan Evakuasi Korban Erupsi Gunung Marapi Ditutup Usai 75 Korban Ditemukan
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *