Connect with us

Transportasi

Selama 22 Hari, Pengguna CommuterLine Tembus Hingga 20 Juta Lebih Penumpang di Libur Lebaran 2024

Published

on

Foto istimewa/dok/

Jakarta (Bindo.id) – Di masa angkutan lebaran 2024 selama 22 hari, PT KCI Komuter melayani hingga 20.960.944 pengguna CommuterLine (CL) . 

Hal tersebut dipaparkan KAI Commuter dalam acara konferensi pers dan halal bihalal bersama komunitas di Jakarta, Selasa (23/4/2024). 

Adapun layanan KCI di antaranya KRL Commuterline Jabodetabek, Prameks, Yogya-Palur, Bandung, KA Bandara Basoetta, Merak, dan Surabaya. 

Direktur Operasi dan Pemasaran KCI Broer Rizal menyampaikan, jumlah ini masih terbanyak layanan pada KRL CL Jabodetabek. 

“Jumlah penumpangnya tembus 17 jutaan dalam 22 hari,” kata Broer di Jakarta, Selasa (23/4/2024). 

Rekor juga terjadi pada layanan Yogya-Palur Solo yang penumpangnya kata dia mencapai 46.811 dari biasanya hanya 20.000-25.000 per harinya. 

Dengan meningkatnya jumlah penumpang di hampir seluruh lintas layanan, KCI menurutnya menambah perjalanan pada masa angleb tersebut. 

Misalnya saja di KA Basoetta di mana pada layanan harian 56 perjalanan, maka pada masa angleb mencapai 68 perjalanan per harinya. 

“Selanjutnya pada lintas Yogya-Palur Solo 24 perjalanan menjadi 30 perjalanan per harinya selama masa angleb,” ungkapnya. 

Sedangkan CL Prameks dari delapan kali per harinya, menjadi 12 perjalanan per harinya selama masa angleb. 

Broer menambahkan, stasiun transit juga mengalami lonjakan tajam selama masa angleb kemarin. 

“Stasiun transit Manggarai rekor mencapai 203.470 penumpang (13 April), padahal saat weekday biasanya hanya di angka 15.000an,” katanya. 

Selain itu juga, stasiun terintegrasi juga mengalami peningkatan signifikan. Seperti di KA Basoetta yang terintegrasi dengan Bandara. 

Stasiun Cikarang yang dapat terintegrasi dengan KA lokal Walahar lintas Cikarang-Purwakarta dan Stasiun Sudirman yang terintegtasi dengan LRT Jabodebek.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Hindari Kepadatan Awal Pekan Esok pagi, KAI Commuter Imbau Manfaatkan Kondisi Akhir Pekan Ini Untuk Kembali Ke Tempat Aktivitas Rutin