Connect with us

Transportasi

Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Tol Jakarta-Cikampek Saat Libur Idul Adha 2023

Published

on

Ilustrasi Tol Jakarta-Cikampek [antara]
Ilustrasi Tol Jakarta-Cikampek [antara]

Jakarta, Bindo.id – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah mempersiapkan skema rekayasa lalu lintas agar dapat memperlancar arus kendaraan apabila terjadi kepadatan lalu lintas saat libur panjang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakum) Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhana menyebutkan rekayasa lalu lintas akan diterapkan disejumlah ruas tol.

Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Mohammed Bin Zayed (MBZ) rencananya akan diberlakukan rekayasa lalu lintas tersebut. Penerapan rekayasa lalu lintas sifatnya situasional.

Jika terjadi kepadatan, maka akan digunakan rekayasa lalu lintas diantaranya lawan arus (contra flow), satu jalur, serta dua jalur.

Aan menuturkan pihaknya akan menerapkan sistem buka tutup arus yang berada di Tol MBZ. Sistem buka tutup ini dilakukan jika kepadatannya lebih banyak dari angka yang sudah ditetapkan oleh petugas Korlantas Polri.

Kebijakan lain yang akan ditetapkan untuk melancarkan arus lalu lintas yang ada di jalur arteri atau tol selama libur panjang Idul Adha 2023 yaitu mengadakan pembatasan kendaraan angkutan barang sumbu 3 ke atas.

Tanggal 27 Juni 2023 pembatasan kendaraan tersebut dimulai pada jam 16.00 hingga 00.00 WIB.

“Hari ini mulai dari jam 06.00 itu akan kami batasi untuk sumbu tiga ke atas,” tutur Aan, Rabu (28/6/2023).

Pembatasan kendaraan barang sumbu 3 di ruas-ruas jalan tertentu juga telah dilakukan saat arus balik libur cuti bersama yaitu Minggu, 2 Juli 2023.

Aan menyebutkan pembatasan tersebut demi kelancaran harus lalu lintas saat cuti bersama libur Idul Adha 2023.

Imbauan untuk masyarakat

Aan memberikan imbauan kepada masyarakat agar menyiapkan diri dan juga kendaraan jika akan melakukan perjalanan jauh.

Persiapan tersebut perlu dilakukan ke tempat objek wisata maupun pulang ke kampung halaman.

Baca Juga  Rekayasa Lalu Lintas Saat Perayaan Malam Tahun Baru 2024 Di Jakarta

Persiapan yang perlu dilakukan diantaranya memperhatikan kondisi tubuh maupun kesehatan supaya tetap fit ketika berkendara.

Pengemudi dapat beristirahat terlebih dahulu di rest area maupun tempat-tempat yang memadai jika tubuh terasa lelah atau konsentrasi mulai berkurang,

“Siapkan juga kendaraan biar tidak mengalami masalah baik dalam fungsi pengereman, mesin dan sebagainya,” ujarnya, dilansir dari liputan6.

Sehingga pengendara dapat menikmati perjalanan dengan ancar, nyaman serta berkesan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion