Connect with us

Transportasi

Pemudik Jangan Salah Pilih ya! Ini Perbedaan Kapal Ferry Ekspres dan Reguler

Published

on

Kapal Ferry Ekspress (atas) Kapal Ferry Reguler (bawah

Jakarta, Bindo.id – Kapal angkutan penyeberangan atau ferry merupakan salah satu moda transportasi pilihan masyakat hendak mudik untuk mengakses antarpulau di Indonesia.

Penumpang ferry bisa memilih dua tipe layanan, yakni ekspress atau eksekutif dan reguler. Kedua layanan tersebut memiliki sejumlah perbedaan dari harga tiket, durasi perjalanan, fasilitas dan pelabuhan.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan ASDP Harry Mac mengatakan ada banyak perbedaan antara Kapal Ekpres dan Kapal Regular yang dapat dirasakan pengguna mulai dari alur masuk pelabuhan.

“Perbedaan yang signifikan sebenarnya waktu berlayar, karena kapal ekspres lebih ngebut. Sedangkan kapal regular jalannya sedikit lebih lambat, tapi dia sudah sesuai SPM,” jelas Harry pada Media Gathering di Kantor ASDP, Jakarta, Senin (10/4/2023).

Menurut Harry, perjalanan kapal ekspres dari pelabuhan Merak ke Bakauheni bisa memakan waktu berkisar 1,5 jam jika keadaan normal. Sedangkan kapal reguler bisa mencapai waktu 2,5 jam.

“Ekspres perjalanan di lautnya satu jam, ditambah dengan sandarnya 30 menit, jadi total port to port bisa mencapai satu setengah jam. Reguler sampainya lebih lama, bisa sekitar dua jam sampai dua setengah jam,” sebut Harry.

Selain itu, perbedaan lainnya terdapat pada dermaga pelabuhan. Untuk kapal Ekspres akan terdapat di terminal eksekutif yang jauh lebih nyaman dari pada terminal kendaraan dengan kapal reguler.

“Kapal ekspres itu satu paket dengan terminal eksekutif, yang naik kapal ekspres mereka bisa jauh lebih nyaman, toiletnya juga ada di gedung bahkan ada yang belanja, ada kedai kopinya serta terdapat hotel untuk beristirahat. Kalau di terminal reguler belum ada,” katanya.

Di dalam kapal juga juga terdapat perbedaan mulai dari fasilitas ruang penumpang. Kapal ferry ekspres memiliki fasilitas sarana dan prasarana di atas kapal lebih bagus dan nyaman dibandingkan ferry reguler.

Baca Juga  Pemprov Lampung dan ASDP Gencarkan Penghijauan di Bakauheni Harbour City dengan Penanaman Pohon

Harga tiket kapal ferry ekspres juga lebih mahal dibandingkan harga tiket kapal regular. Tiket dapat dibeli melalui aplikasi ferizy atau di laman ferizy.com.

Harry juga menambahkan, untuk harga tiket kapal ekspres penumpang akan mendapatkan segala layanan di dalam kapal tanpa harus menambah lagi sejumlah uang untuk membayar fasilitas.

Namun, untuk beberapa kapal reguler yang dioperasikan oleh swasta penerapan berbeda. Penumpang akan dipatok tarif untuk fasilitas layanan yang ada di kapal, mulai ruang ekonomi, bantal, hingga kursi tempat duduk.

“Ekspres inklut semua, ada kapal swasta yang penerapannya berbeda. Tapi itu kebijakan memang manajemennya masing-masing ya, masuk ke ruangan AC bayar,” kata Harry. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion