Connect with us

News

Mudik Gratis 2024 Bareng PLN, Cek Syarat Dan Ketentuannya

Published

on

PLN bekerjasama dengan BUMN buka pendaftaran mudik gratis 2024 [liputan6]

Jakarta, Bindo.id – Pendaftaran ‘Mudik Asyik Bersama BUMN’ akan dibuka mulai Sabtu, 16 Maret 2024.

Program mudik asyik ini merupakan program mudik gratis yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero) bekerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Di program ini, ada lebih dari 10.000 kuota mudik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia disediakan oleh PLN.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menuturkan program tahunan mudik ini membuka kesempatan kepada masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di kampung halaman dwngan penyediaan transportasi yang aman serta terjangkau.

Program ini diselenggarakan untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas terlebih bagi kelompok rentan, perempuan, anak, penyandang disabilitas maupun orang tua. Selain itu, program mudik gratis ini juga untuk mengurangi kepadatan lalu lintas selama momen mudik.

“Program ini merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan perseroan bersama-sama dengan Kementerian BUMN,” tutur Darmawan, Sabtu (16/3/2024).

PLN telah membuka sebanyak 6.500 kuota keberangkatan dari Jakarta serta masing-masing 1.000 kuota dari Bandung, Medan, Makassar, maupun Balikpapan.

Darmawan menerangkan agenda mudik bersama ini berangkat dari tingginya statistik pemudik memakai sepeda motor. Padahal mudik menggunakan sepeda motor memiliki kerawanan paling tinggi jika dibandingkan dengan kendaraan lain.

Program ini juga akan menekan pemakaian kendaraan pribadi untuk mereduksi emisi karbon yang berasal dari sektor transportasi.

“Dalam program ini kami sediakan moda transportasi bus, kapal laut dan kereta api yang aman serta nyaman untuk seluruh peserta. Hal ini harapannya tidak saja mengurangi kemacetan dan resiko kecelakaan, tapi juga polusi,” ujar Darmawan.

Peserta wajib unduh aplikasi PLN Mobile

Satu akun PLN Mobile hanya dapat dipakai untuk satu kali pendaftaran.

Baca Juga  Pupuk Indonesia Gandeng PLN Untuk Mengembangkan Green Hydrogen di Gresik

Berikut ini cara mendaftar mudik gratis di PLN Mobile :

  1. Buka aplikasi PLN Mobile
  2. klik banner Mudik Asyik bersama BUMN untuk melakukan pengisian form pendaftaran
  3. Mengisi data diri dengan sebenar-benarnya, berdasarkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi peserta individu serta Kartu Keluarga (KK) bagi peserta keluarlga, di mana 1 KK maksimal 4 orang
  4. Formulir ini wajib diisi oleh calon pemudik serta tak bisa diwakilkan
  5. Untuk menjaga komitmen peserta mudik di hari-H keberangkatan, maka setiap peserta diwajibkan untuk mentransfer uang jaminan senilai Rp 100.000 per orang. Uang ini akan dikembalikan dengan bentuk voucher listrik senilai Rp 100.000 per orang
  6. Uang jaminan tak bisa dikembalikan apabila peserta membatalkan keberangkatan
  7. Apabila kuota terpenuhi, maka pendaftaran akan ditutup sewaktu-waktu meskipun waktu yang telah ditetapkan belum usai.

Pendaftaran ulang sekaligus konfirmasi akan dilaksanakan pada tangg 25 Maret sampai 4 April 2024 untuk pastikan jurusan keberangkatan

Peberangkatan dari Jakarta, pengambilan mudik kit serta pengembalian jaminan berupa voucher listrik dilaksanakan di kantor PLN Pusat

Keberangkatan mudik bersama dari Jakarta akan dilaksanakan serempak pada tanggal 5 April 2024

Armada kereta api akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen, sedangkan armada bus akan diberangkatkan dari 2 lokasi yakni kantor PLN Pusat serta Lapangan Monas.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *