Connect with us

Ekonomi

Hari ini Dibuka Pendaftaran Mudik Gratis Memakai Kapal

Published

on

Mudik memakai kapal [pasardana]
Mudik memakai kapal [pasardana]

Jakarta, Bindo.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membuka pendaftaran mudik gratis 2024 lewat jalur laut mulai hari ini.

Dilansir dari website resminya, pendaftaran mudik gratis ini dibuka tanggal 13 Maret hingga 7 April 2024.

Mudik gratis 2024 Kemenhub yang digelar oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut ini, Kemenhub twlah menyediakan kuota sebanyak 9.800 penumpang serta ada 4.800 unit sepeda motor.

Bagi para peserta yang ingin mengikuti Mudik Gratis Sepeda Motor menggunakan Kapal Laut ini akan dijadwalkan berangkat tanggal 3-17 April 2024.

Akan tetapi, hingga saat ini belum ada pengumuman resmi dari Ditjen Perhubungan Laut tentang detail pelaksanaan mudik gratis 2024 Kemenhub memakai kapal laut ini seperti ruas trayek yang akan dibuka untuk mudik gratis kali ini serta cara mendaftarnya.

Berkaca dari pelaksanaan mudik gratis Kemenhub yang diselenggarakan sebelumnya, kemungkinan pendaftaran mudik gratis 2024 Kemenhub memakai kapal laut akan diinfokan lewat website https://mudikgratis.dephub.go.id/.

Di website tersebut, ada sejumlah syarat mudik gratis 2024 Kemenhub memakai kapal laut.

Syaratnya yakni :

  •  satu peserta harus mempunyai KTP, Kartu Keluarga, SIM C, serta STNK.
  • Tak membawa barang dengan ukuran atau jumlah berlebihan, sebab bisa mengganggu mobilitas maupun stabilitas ketika mengendarai motor
  • Masing-masing peserta maupun penumpang wajib membawa helm untuk kelengkapan keselamatan wajib saat berkendara.

Verifikasi calon peserta mudik gratis 2024 Kemenhub pada arus mudik akan dimulai tanggal 15 Maret 2024 setiap hari jam 09.00-16.00 WIB termasuk hari libur maupun tanggal merah.

Tempat verifikasinya berlokasi di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jalan Panaitan Nomor 105, Tanjung Priok, Jakarta Utara atau di Kantor Kementrian Perhubungan RI, Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 8 Jakarta Pusat.

Baca Juga  Menhub: 10 Tahun Terakhir Pembangunan Transportasi di Seluruh Indonesia Relatif Meningkat

Verifikasi calon peserta mudik gratis 2024 Kemenhub pada arus balik, terutama peserta arus balik Semarang ke Jakarta yang domisilinya berada di Semarang dan sekitarnya akan dilaksanakan mulai tanggal 22 Maret 2024 termasuk hari libur maupun tanggal merah.

Lokasi verifikasinya berada di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Jalan Yos Sudarso Nomor 30, Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion