Connect with us

Transportasi

Kemenhub Sediakan Angkutan Mudik Gratis Lebaran 2024, Cek Jadwalnya

Published

on

Ilustrasi mudik gratis lebaran 2024 [harianhaluan]

Jakarta, Bindo.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengadakan program Angkutan Mudik Gratis pada lebaran 2024.

Ada 3 jalur yang dapat dipilih. Pemudik dapat memilih darat, laut, atau kereta api.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, program mudik gratis disenggarakan untuk dapat melakukan antisipasi lonjakan masyarakat yang memakai kendaraan pribadi, terlebih penggunaan sepeda motor.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menuturkan pihaknya tak bosan untuk memberikan imbauan kepada masyarakat supaya tak melaksanakan perjalanan jauh, salah satunya mudik menggunakan motor. Sebab hal ini memiliki potensi tingginya terjadi kecelakaan.

“Kami mengajak masyarakat bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan,” tutur Adita, Kamis (29/2/2024).

Khusus pada jalur darat, Kemenhub lewat Ditjen Perhubungan Darat mengadakan Mudik Gratis Sepeda Motor menggunakan Bus maupun Truk.

Pendaftarannya bisa dilakukan lewat aplikasi Mitra Darat. Program ini rencananya akan dibuka pada tanggal 5 Maret 2024 hingga 3 April 2024.

Saat arus mudik serta balik tahun 2024, ada sebanyak 722 unit bus. Bus tersebut dapat memuat sekitar 30.088 penumpang. Selain itu juga ada 30 unit truk yang dapat mengangkut sekitar 900 unit motor.

Keberangkatan arus mudik akan dilaksanakan pada tanggal 5 April 2024 hingga 7 April 2024.

Sedangkan keberangkatan untuk arus balik akan dilaksanakan pada tanggal 14-15 April 2024.

Selain Kemenhub, harapannya semakin banyak kementarian/lembaga, BUMN, maupun perusahaan swasta, serta pihak lain yang mengadakan program serupa.

Sehingga pemudik yang memakai motor jumlahnya dapat ditekan.

“Jika program mudik gratis semakin banyak, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor dapat ditekan sehingga angka kecelakaan turun dan kepadatan di jalan berkurang,” ujar Adita.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Ramadan Festive 2024, KAI Hadirkan Diskon Tiket Kereta Api dan Flash Sale Lebaran