Connect with us

Inspirasi

Ustaz Dhiahuddin Raih Juara II Lomba Adzan Internasional Buat Warga Aceh Bangga

Published

on

Ustaz Dhiahuddin berhasil menyabet gelar juara II lomba Azan Internasional Otr Alkalam 2023 [esnbanten]
Ustaz Dhiahuddin berhasil menyabet gelar juara II lomba Azan Internasional Otr Alkalam 2023 [esnbanten]

Jakarta, Bindo.id – Ustaz Dhiahuddin berhasil menyabet gelar juara II lomba Azan Internasional Otr Alkalam 2023 pada Jumat (7/4/2023). Pria tersebut berasal dari Aceh Barat. Prestasi yang dicapainya menjadikan warga Aceh bangga.

Peserta lain yang berhasil masuk final dari ajang ini yaitu Mohammed Al-Sharif berasal dari Saudi, Ibrahim Asad berasal dari Inggris, dan Raheef Al-Hajj berasal dari Lebanon. Adapun juara I dalam lomba azan ini diraih tuan rumah Mohammed Al-Sharif dari Arab Saudi.

Seluruh peserta yang berhasil masuk ke final penampilannya sama bagusnya. Oleh sebab itu juri sulit untuk menentukan pemenangnya. Suara azan Dhiyauddin lembut berhasil menyita perhatian juri. Bahkan tiga dari tujuh orang juri tampak tertunduk dan meneteskan air mata.

Sedangkan kontestan yang berasal dari Arab Saudi Mohammed Al-Sharif memberikan penampilan yang sangat baik. Mohammed Al-Sharif memakai irama azan yang biasanya berkumandang di Arab Saudi.

Dhiyauddin memperoleh hadiah uang tunai senilai 1 juta riyal atau senilai  Rp3,9 miliar atas prestasi yang diraihnya sebagai juara II lomba adzan tingkat dunia Otr Alkalam 2023. Sedangkan penghargaan yang diperoleh juara I yaitu senilai 2 juta riyal atau senilai Rp7,9 miliar.

Dilansir dari liputan6.com, lomba azan ini diiikuti oleh sebanyak 50.000 peserta. Seluruh peserta berasal dari 165 negara di bawah naungan organisasi Liga Muslim Dunia. Akan tetapi hanya 50 peserta yang diundang untuk ikut dalam kompetisi ini. Dhiyauddin salah satu yang beruntung dapat mengikuti ajang ini.

Para juri di ajang kompetisi membaca Al Quran dan Azan telah memperhatikan prinsip dalam mengagungkan Al-Qur’an dan azan. Selain itu, mereka juga mengutamakan estetika suara dan maqamat.

Seorang muazin di Baitullah Mekah yang menjadi salah satu juri di ajang tersebut mengatakan pihaknya memperhatikan tangga nada, frasa, modulasi, norma ornamen, dan konvensi estetika dari para penghafal dan muazin.

Pj. Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi memberi apresiasi kepada Ustaz Dhiahuddin sebab dia merupakan putra Aceh Barat yang berhasil mendapatkan juara II lomba Adzan Internasional Otr Alkalam 2023.

Mahdi berpendapat keberhasilan Ustaz Dhiahuddin tak lepas dari doa kedua orang tuanya. Mahdi mengucapkan syukur ada rahmat di bulan yang penuh berkah, seorang putra Aceh Barat yang menjadi wakil Indonesia, khususnya Aceh dapat meraih prestasi yang gemilang. Hal ini juga turut mengharumkan nama Kabupatennya di tingkat Internasional.

“Ini juga tidak terlepas doa dari orang tua beliau dan masyarakat Meulaboh,” tutur Mahdi, Minggu (9/4/2023).

Harapan Mahdi, prestasi Tgk Dhiauddin ini dapat jadi inspirasi putra putri Aceh Barat agar dapat berkarier di tingkat yang lebih tinggi. Dia mengimbau agar tak perlu malu dalam mencapai hasil agar dapat membawa nama daerah agar lebih baik di tingkat nasional maupun internasional,

“Semoga ini bisa menjadi contoh kepada putra putri Aceh Barat ke depannya,” ujarnya.

Sosok Ustaz Dhiahuddin

Ustaz Dhiahuddin adalah buah hati dari pasangan Tgk H Nazaruddin Basyah dan Nurwahidah, S.Ag. Saat ini domisili mereka beradadi Desa Peunaga Paya, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat. Sebelum musibah tsunami menerjang Aceh, keluarga tersebut tinggal di Gampong Suak Ribee Kecamatan Johan Pahlawan.

Keluarga tersebut merupakan keluarga Qari dan Qariah. Ayah yang bernana H Nazaruddin Basyah merupakan sosok qari nasional yang berasal dari Aceh Barat. Bakat dari ayahnya itulah yang mengalir deras di dalam tubuh Dhiauddin.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *