Connect with us

Kesehatan

Kerap Disepelekan, Ini Manfaat Stretching Setelah Bangun Tidur

Published

on

Manfaat stretching setelah bangun pagi BindoID-5dc18a01

Kesehatan, Bindo.id – Sesaat setelah bangun di pagi hari, sebagian orang memilih untuk langsung melakukan banyak aktivitas.

Tidak banyak orang yang berpikir melakukan stretching atau gerakan-gerakan sederhana untuk meregangkan otot tubuh.

Padahal, stretching termasuk rutinitas sederhana di pagi hari untuk meningkatkan produktivitas. Ada banyak manfaat stretching setelah bangun tidur.

Mulai dari melancarkan aliran darah, mengurangi stres, hingga memperbaiki postur tubuh. Selain itu, tubuh pun akan lebih siap dan berenergi untuk melakukan banyak aktivitas harian.

Hope Klein dan Kylie Rufer dari South Dakota State University mengungkapkan hal senada. Keduanya menyebut bahwa banyak orang yang beranggapan bahwa stretching hanya dilakukan sebelum atau sesudah olahraga. Nyatanya, peregangan di pagi hari juga memberi banyak manfaat untuk tubuh.

Penasaran? Yuk, simak penjelasan lengkap mengenai manfaat stretching setelah bangun tidur berikut ini.

1. Berdampak baik pada pembuluh darah, jantung, dan otak

Hasil studi dari University of Saskatchewan mengungkapkan bahwa stretching efektif mengurangi kekakuan di arteri. Pembuluh darah lebih elastis dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, aliran darah akan meningkat pada otot dan otak. Itulah sebabnya setelah stretching, maka tubuh terasa lebih nyaman dan bertenaga. Konsentrasi dan kinerja otak pun ikut meningkat dengan aliran darah yang lebih lancar.

2. Menekan stres

Pernahkah Anda tidur dalam keadaan banyak pikiran? Entah karena banyak pekerjaan yang belum terselesaikan atau hal lainnya. Nah, stres ini seringkali membuat otot-otot terasa kaku dan tegang saat Anda bangun di pagi hari.

Dengan stretching yang fokus pada area leher, bahu, dan punggung atas, maka gerakannya mampu memberi efek relaksasi.

Tubuh terasa ringan, pikiran pun terkendali dan tenang. Anda pun siap untuk memulai hari dengan lebih positif.

3. Mengurangi nyeri dan risiko cidera

Ketika tidur, tubuh benar-benar beristirahat dan tidak banyak bergerak. Itulah sebabnya saat bangun tidur, tubuh sering terasa kaku. Dengan melakukan gerakan stretching, maka aliran darah akan lebih lancar ke seluruh tubuh.

Otot dan sendi akan lebih fleksibel dan mengurangi rasa nyeri. Gerakan stretching juga meminimalisir risiko cidera pada sendi karena tubuh sudah lebih siap untuk bergerak.

4. Memperbaiki postur tubuh

Untuk Anda yang sering duduk lama di depan komputer, maka perubahan postur tubuh sangat mungkin terjadi. Duduk terlalu lama untuk bekerja berdampak pada area pinggang, termasuk punggung yang menjadi lebih bungkuk.

Saat tidur pun, posisi berbaring yang salah turut berdampak pada postur tubuh. Apalagi, jika posisi tidur yang salah tersebut dilakukan secara berulang.

Oleh sebab itu, salah satu cara untuk memperbaiki postur tubuh adalah dengan rutin melakukan peregangan di pagi hari. Fokus melakukan stretching pada bagian kaki, punggung, bahu, dan dada agar lebih efisien.

Luangkan waktu secara rutin di pagi hari

Nah, ternyata manfaatnya banyak, kan? Apakah Anda mulai tertarik memulai kebiasaan stretching setelah bangun pagi?

Cukup luangkan waktu 2-3 menit untuk melakukan peregangan otot-otot tubuh sebelum mulai beraktivitas. Sebaiknya lakukan secara rutin dan perlahan.

Anda dapat melakukan beberapa gerakan stretching sederhana. Mulai dari overhead stretch, child’s pose, upper back stretch, hingga side stretch. Dijamin setelahnya Anda akan merasakan perbedaan yang lebih nyaman di tubuh.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *