Connect with us

Destinasi

Longsor Di Tebing Jalur Wisata Menuju Dieng, Pengguna Jalan Diharap Waspada

Published

on

Ilustrasi longsor di tebing jalur wisata menuju ke Dieng [tribunnews]

Banjarnegara, Bindo.id – Tebing yang tingginya mencapai 20 meter di jalur menuju kawasan wisata Dieng terjadi longsor.

Traveler diharapkan untuk waspada serta melakukan pengecekan jalur alternatif yang tersedia.

Tebing yang longsor tersebut lokasinya berada di tanjakan Sikelir, desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Banjarnegara. Akibat peristiwa ini untuk sementara akses jalan menuju ke sana ditutup total.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Andri Sulistyo menuturkan tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir menjadi penyebab tebing yang memiliki tinggi 20 meter dan lebar 15 meter dan berlokask di tanjakan Sikelir mengalami longsor.

Saat ini, akses jalan tak dapat dilewati oleh kendaraan sebab tertutup dengan material tanah longsor.

“Awal longsor kemarin sore, tetapi ini sampai saat ini masih hujan. Saat ini masih dilakukan upaya pembersihan material tanah longsor oleh PU Provinsi, dan sejumlah relawan,” tuturnya, Selasa (23/1/2024).

Dirinya menuturkan hujan deras yang masih mengguyur di sekitar lokasi kejadian mengakibatkan upaya untuk membersihkan material menjadi terganggu. Oleh sebab itu akses jalan masih ditutup untuk sementara waktu.

“Upaya pembersihan material longsor sudah dilakukan 12 jam. Tetapi hujan deras yang disertai angin ini membuat upaya pembersihan material longsor belum maksimal,” paparnya.

Andri berpendapat ketebalan material longsor mencapai 2 meter serta menutup jalan provinsi yang menjadi akses wisata Dieng.

Jalan yang tertutup ini dari Banjarnegara-Dieng maupun dari arah Pekalongan-Dieng.

“Ketebalan material longsor sekitar 1 sampai 2 meter. Sementara ini akses jalan di tanjakan Sikelir masih belum bisa dilewati,” ujarnya.

Sementara ini pengguna jalan maupun wisatawan dari arah Banjarnegara menuju ke Dieng dapat melewati jalur Karangkobar kemudian Pejawaran. Termasuk juga untuk pengguna jalan yang berasal dari arah Pekalongan.

“Untuk jalur lain bisa lewat Kecamatan Karangkobar, kemudian ke Kecamatan Pejawaran kalau mau ke Dieng dari arah Banjarnegara atau Pekalongan,” ucapnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Longsor di Bogor Sebabkan Rel Menggantung dan Keberangkatan Kereta ke Sukabumi Dibatalkan