Connect with us

Ekonomi

Gunakan Content Plan Di Era Digital Untuk Tingkatkan Bisnis

Published

on

Ilustrasi content planner [greatnusa]

Jakarta, Bindo.id – Pemasaran digital saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan saat melakukan usaha.

Sebab, kekuatan media sosial mempunyai dampak yang sangat signifikan di era digital saat ini. Bahkan pemasaran digital di media sosial lebih banyak menarik perhatian calon pembeli jika dibandingkan dengan pemasaran lainnya.

Pemasaran digital berkaitan erat dengan konten. Promosi biasanya akan diselipkan lewat konten yang menarik sehingga para audiens banyak yang menyukainya.

Oleh sebab itu, membuat konten yang memang diminati oleh audiens sangatlah penting, sebab bisa mendongkrak awareness terhadap produk.

Namun, belum semua pelaku usaha paham tentang cara membuat konten. Terkadang, ada yang membuat konten tanpa membuat content plan terlebih dahulu.

Content plan merupakan jadwal perencanaan untuk mengembangkan konten, supaya dapat mencapai tujuan atau target tertentu.

Perencanaan content plan bisa berupa ide konten, target pasar, platform unggahan, maupun jadwal mengunggah.

Dibawah ini sejumlah alasan betapa pentingnya membuat content plan pada era pemasaran digital saat ini :

1. Tetap Menjaga Konsistensi Unggahan Konten

Produk bisnis yang kamu tawarkan dapat ditemukan dengan mudah saat audiens sering melihat konten yang kamu unggah.

Oleh sebab itu, konsistensi konten menjadi kunci dari pemasaran digital. Konsistensi tak hanya sekedar jadwal mengunggah, namun juga konsep serta value dari konten yang kamu buat.

Sehingga, konten yang dibuat perlu mempunyai ciri khas yang konsisten serta jangan berubah-ubah. Konten yang kamu buat akan sulit dikenali audiens jika terlalu banyak memiliki perubahan.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan content plan dalam merancang setiap unggahan konten.

Konten yang mempunyai konsistensi cenderung lebih dinanti oleh para audiens. Dengan adanya content plan kamu dapat menjaga konsistensi mutu konten maupun jadwal penayangan konten.

Baca Juga  Ekonomi Bergeliat, Pertamina Gencar Promosikan Produk UMKM Binaan di Berbagai Bazar Selama Ramadhan

2. Lebih Banyak Audiens Yang Tertarik

Lewat perencanaan yang ada di content plan, kamu dapat menetapkan target siapa audiens, platform apa yang dipakai, konten apa yang sesuai dengan target audiens, serta konten seperti apa yang akan dibuat.

Content plan dapat membantu pemasaran kamu agar lebih tepat sasaran, sebab sudah jelas dan terencana.

Kamu juga bisa melihat konten dengan informasi apa yang diperlukan oleh audiens dengan pembuatan content plan ini.

Sehingga, kamu dapat membuat konten yang relevan sesuai dengan target pasar yang kamu bidik.

Harapannya, dengan konten yang relevan tersebut dapat menarik lebih banyak audiens. Sehingga, calon pembeli yang tertarik akan semakin meningkat setelah melihat konten yang kamu unggah.

3. Membentuk Branding

Content plan juga bermanfaat untuk membuat branding perusahaan. Semakin bagus serta konsisten kualitas konten, branding perusahaan tersebut juga akan turut naik.

Konten juga dapat mencerminkan citra perusahaan. Apabila konten yang dibuat memang berkualitas, maka audiens menilai perusahaan tersebut mempunyai kredibilitas. Apalagi jika ada konsistensi pada setiap konten-kontennya.

Lewat content plan ini, kamu dapat sekalian merancang branding bisnis seperti apa yang kamu ingin bangun.

Sehingga, content plan ini tak hanya bermanfaat untuk memasarkan produk, namun juga untuk citra bisnis pada jangka panjang. 

4. Tingkatkan Nilai SEO

Tujuan content plan juga untuk memaksimalkan konten yang akan dibuat. Mulai dari kata kunci, gambar maupun video yang pakai. Bahkan judul konten yang akan diunggah.

Beberapa hal ini di dunia platfom digital juga dapat mendongkrak nilai SEO (search engine optimization).

Nilai SEO yang semakin tinggi dapat membuat semakin banyak audiens yang diarahkan agar bisa melihat serta berkunjung di profil bisnis kamu.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Tak Memiliki Sertifikasi Halal 17 Oktober, Usaha Besar Akan Dikenakan Sanksi Dan UMKM Diberi Keringanan