Connect with us

Info Regional

Tak Hanya Bongkar Muat Kendaraan, IPCC Perluas Layanan Tangani Penumpang RoRo di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Published

on

Foto istimewa

BANJARMASIN (Bindo.id) -Mengawali kuartal IV tahun 2025, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IDX:IPCC) kembali memperoleh kepercayaan baru dengan memperluas cakupan layanan bisnisnya, IPCC tidak hanya menangani bongkar muat kendaraan namun kini dipercaya mengelola layanan penumpang yang keluar dan masuk melalui Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin dengan menggunakan kapal RoRo.

Sebagai bagian dari menjaga kepercayaan yang diberikan, manajemen IPCC melakukan Management Walkthrough ke Terminal Satelit Banjarmasin pada Rabu, 23 Oktober 2025 kemarin. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Direktur Keuangan, SDM dan Manajemen Risiko, Wing Megantoro, dengan tujuan meninjau kondisi lapangan serta mengidentifikasi berbagai aspek yang perlu ditingkatkan di terminal penumpang guna memastikan pelayanan yang optimal bagi pengguna jasa.

“Langkah perseroan dalam memperluas cakupan bisnis diwujudkan dalam penambahan layanan bisnis khususnya pengelolaan terminal penumpang. Dimana sebelumnya pengelolaan layanan penumpang RoRo di Pelabuhan Banjarmasin dikelola oleh Regional 3 Banjarmasin, sejalan dengan komitmen perseroan untuk terus memperkuat integrasi layanan logistik maritim nasional”, tutur Wing Megantoro.

“Sebelum dialihkan ke pengelolaan IPCC, Regional 3 Banjarmasin mencatat kurang lebih 286.000 penumpang pada 2024 lalu yang telah berhasil dilayani keluar dan masuk melalui termial penumpang Banjarmasin. Dengan pengalaman ini, kami optimis IPCC dapat meningkatkan kualitas layanan dan kapasitas terminal ke depannya,” Kusno Utomo, Senior Manager Operasi IPCC.

Hingga kini, IPCC Terminal Satelit Banjarmasin telah menangani bongkar muat kendaraan secara konsolidasi sebanyak 74.434 unit sejak dikelola IPCC, dengan kontribusi terbanyak di CBU 36.361 unit, truck/bus 27.661, alat berat 4105 dan motor 6307 unit.

“Guna mewujudkan visi Perseroan sebagai pemimpin diekosistem logisJc terminal kendaraan, IPCC juga berkomitmen untuk terus meningkatkan standar pelayanan, keselamatan, dan efisiensi operasional yang berkelas dunia sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi para pengguna jasa dan perekonomian nasional”, pungkas Wing.

Melalui perluasan layanan ini, IPCC berharap dapat meningkatkan nilai tambah bagi pengguna jasa serta memperkuat posisi perseroan sebagai penyedia layanan terminal kendaraan dan penumpang yang terintegrasi di bawah naungan Pelindo Group.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Tinjau Pintu Masuk Kendaraan ke IKN, BOC Baru IPCC Sambangi Pelabuhan Balikpapan