Connect with us

Info Regional

Kali Ciliwung Meluap, 7 RT di Jakarta Timur Terdampak Banjir

Published

on

Ilustrasi banjir melanda sejumlah wilayah [republika]
Sumber gambar : Ilustrasi banjir melanda sejumlah wilayah [republika]

Jakarta, Bindo.id – BPBD DKI Jakarta mengupdate data RT di Jakarta Timur (Jaktim) yang terdampak banjir akibat dari luapan Kali Ciliwung. Awalnya hanya 5 RT yang terendam banjir, namun saat ini jumlahnya bertambah menjadi 7 RT. Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan data terbaru tersebut terdata pada pukul 21.00 WIB, Minggu (12/2/2023).

Menurut Adji, hujan yang intensitasnya sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada hari ini menjadi sebab kenaikan status siaga di Bendung Katulampa menjadi Siaga 3 (Waspada) dan Pintu Air Manggarai (Waspada). Selain itu juga terdapat genangan di sejumlah titik yang ada di wilayah DKI Jakarta.

“BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 5 RT, saat ini menjadi 7 RT atau 0,023 % dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta,” ungkap Isnawa pada keterangan tertulisnya, Minggu (12/2/2023).

Berikut ini adalah data wilayah Jaktim yang masih tergenang banjir:

Kelurahan Cililitan
– Jumlah sebanyak 1 RT
– Ketinggian mencapai 30 cm
– Penyebabnya adalah Luapan Kali Ciliwung

Kelurahan Cawang
– Jumlah sebanyak 2 RT
– Ketinggian mencapai 30 cm
– Penyebabnya adalah Luapan Kali Ciliwung

Kelurahan Bidara Cina
– Jumlah sebanyak 2 RT
– Ketinggian mencapai 35 cm
– Penyebabnya adalah Luapan Kali Ciliwung

Kelurahan Kampung Melayu
– Jumlah sebanyak 2 RT
– Ketinggian mencapai 75 cm
– Penyebabnya adalah Luapan Kali Ciliwung

Isnawa mengungkapkan BPBD DKI Jakarta telah menerjunkan personel untuk memantau keadaan genangan yang ada pada setiap wilayah. Selain memantau keadaan banjir, juga dilakukan koordinasi kepada Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat agar dapat menyedot genangan dan memastikan tali-tali air memiliki fungsi yang baik. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan para lurah dan camat setempat. Harapannya genangan dapat surut dengan jangka waktu yang singkat.

Baca Juga  Pemprov DKI Jakarta Keruk Seluruh Kali Di Ibu Kota Untuk Atasi Banjir

“BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop,” tambahnya.

Sumber : Bertambah, Banjir Imbas Kali Ciliwung Meluap Kini Rendam 7 RT di Jaktim

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion