Connect with us

Info Nasional

Wapres Ma’ruf Amin Mengajak Negara Di Asia Dan Afrika Untuk Memerangi Kejahatan Transnasional

Published

on

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin [bimata]
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin [bimata]

Bali, Bindo.id – Wakil Presiden KH Maruf Amin mengajak negara Asia dan Afrika untuk membangun posisi strategis pada kerangka hukum internasional.

Maruf Amin telah mengungkapkan hal itu ketika penyelenggaraan Sesi Tahunan ke-61 Asian-African Legal Consultative Organization (AALCO).

Acara itu digelar di Bali Nusa Dua Convention Center, Benoa, Kabupaten Badung, Bali pada hari Senin (16/10/2023).

Dirinya juga mengajak negara peserta AALCO agar dapat mengakhiri kejahatan antarnegara.

“AALCO harus terus menghidupkan semangat solidaritas antarbangsa, dan memperjuangkan suara bangsa Asia-Afrika dalam pembentukan arsitektur hukum internasional,” tutur Mar’uf.

Selain itu juga dapat memerangi kejahatan transnasional serta pengembalian aset yang diperoleh dari hasil kejahatan transnasional.

Wapres Ma’ruf berpendapat bahwa AALCO harus bisa menawarkan solusi pada kejahatan transnasional terlebih di perairan yang terbukti mengakibatkan kerugian banyak negara di Asia dan Afrika.

Dirinya mendorong AALCO agar bisa memberi konsep solusi yang mencerminkan sinergi serta respons terintegrasi bangsa-bangsa Asia-Afrika tentang tindak pidana transnasional di laut yang bisa mengancam jiwa serta0 pertumbuhan ekonomi.

Dia berharap AALCO bisa memiliki peran penting untuk merumuskan hukum internasional yang memberi ruang terhadap kepentingan bersama.

“AALCO mesti menguatkan peran dalam membentuk kerangka hukum,” ujarnua.

Kerangka hukum ini akan jadi fondasi untuk kemitraan antarnegara yang saling menguntungkan, terlebih pada saat membetikan respons berbagai macam persoalan global.

Sebanyak 33 perwakilan Negara anggota AALCO telah hadir di acara tahunan ini.

Sejumlah peserta yang hadir yakni Menteri Bidang Kehakiman dan Hukum bernana Oman Abdullah Mohammed Saeed Al-Saidi, Menteri Bidang Keadilan Kuwait HE Masoud Mohamed Al-Ameri, Menteri Bidang Keadilan Palestina bernama Moh’d Fahad A. Shalaldeh.

Turut hadir juga Menteri Bidang Kehakiman Afrika Selatan bernama Ronald Ozzy Lamola, Wakil Menteri Bidang Kehakiman Arab Saudi bernama H DR Najem al-Zaid.

Baca Juga  Wapres Ma'ruf Amin Ajak Yunani Kuatkan Toleransi Beragama Di Dunia

Selain itu, Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Minh Vu Nguyen juga tampak menghadiri acara ini.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion