Connect with us

Info Regional

Rumah Dinas Wali Kota Cilegon Akan Dialihfungsikan Jadi Museum

Published

on

Rumah Dinas Wali Kota Cilegon [bantennews]
Rumah Dinas Wali Kota Cilegon [bantennews]

Cilegon, Bindo.id – Rumah dinas Wali Kota Cilegon akan dialihfungsikan menjadi museum. Bangunan yang lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani, Jombang, diketahui tidak ditempati walaupun digunakan sebagai rumah dinas.

“Dengan latar belakang rumah dinas Wali Kota ini merupakan kawasan cagar budaya, karena bukan hanya satu, kalau cagar budaya hanya satu,” tutur Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon, Heni Anita Susila, Senin (6/11/2023).

Ini merupakan kawasan cagar budaya sebab pertama yakni lokasi ini dulunya ada kantor asisten Gubbels, dan yang kedua ada rumah dinasnya.

Sehingga di lokasi ini ada dua cagar budaya. Oleh sebab itu, lokasi ini disebut kawasan cagar budaya.

Selama Cilegon berdiri, kota ini tak memiliki museum sebagai identitas daerah.

Rencana ruimah dinas akan dijadikan sebagai museum, Cilegon akan memiliki identitas daerah yang dapat menjadi kebanggan masyarakat.

“Ini tentu saja menjadi latar belakang keinginan sebagian besar masyarakat Cilegon mempunyai satu identitas daerah salah satunya adalah museum,” jelasnya.

Soal kapan akan diwujudkan museum itu, Heni menuturkan saat ini pihaknya sedang membuat rancang bangun rinci atau DED. Dirinya menuturkan rencananya tahun depan museum tersebut akan mulai dibangun.

“Saat ini Dindikbud sedang melaksanakan DED untuk insyaallah tahun depan kita eksekusi, tetapi tidak merubah struktur bangunan karena ini cagar budaya,” ucapnya.

Jadi hanya desain interiornya akan disesuaikan, bahkan nantinya ada yang digantikan ke aslinya. Hal ini dinamakan revitalisasi.

Heni menuturkan nantinya, museum tersebut akan diisi dengan artefak serta sejarah masyarakat Cilegon.

Selama ini, Cilegon terkenal dengan sejarah pemberontakan lewat Geger Cilegon. Akan tetapi, museum tersebut tak hanya berisi sejarah itu saja. Lebih dari itu, museum Cilegon ini rencananya akan menggambarkan tentang peradaban Cilegon.

“Museum Cilegon ini bukan sekadar menceritakan tentang perjuangan Geger Cilegon, tetapi juga gambaran tentang peradaban manusia Cilegon dari mulai pra sejarah, sejarah, kemudian masa kini nanti akan ada di museum ini,” ujarnya.

Baca Juga  Kaki Banteng Purba Usia Jutaan Tahun Ada Di Museum Patiayam Kudus

Jadi akan menggambarkan soal perkembangan manusia atau masyarakat Cilegon.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *