Connect with us

Transportasi

KAI Daop 1 Jakarta Berangkatkan Lebih 42.810 Penumpang KA Hari Ini

Published

on

Foto:istimewa/dok/bas

JAKARTA (Bindo.id) – Menjelang tahun baru 2024 penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen kembali meningkat.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, secara total terdapat sekitar 42.810 tiket terjual untuk keberangkatan Jumat (29/12/2023).

“Berdasarkan data penjualan tiket tercatat volume penumpang berangkat pada Jumat, 29 Desember 2023 merupakan angka volume tertinggi pada masa libur menjelang Tahun Baru 2024 untuk area Daop 1 Jakarta,” kata Ixfan, Jumat (29/12/2023).

Dari jumlah penumpang hari ini, merupakan 16.759 tiket terjual untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan layanan operasional 39 perjalanan KA dan 23.778 lainnya merupakan tiket terjual keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan operasional 34 perjalanan KA.

Menurut Ixfan, jumlah tersebut masih mungkin mengalami peningkatan karena penjualan tiket pada hari ini masih dibuka. 

Ixfan juga menerangkan, secara keseluruhan total tiket Nataru, yang disediakan dari KAI Daerah Operasi 1 Jakarta (Daop 1Jakarta) selama 18 hari masa Nataru tanggal 21 Des 2023 hingga 7 Januari 2024 sebanyak 772.705 tiket. 

Melihat berdasarkan tanggal yang paling banyak diminati berdasarkan tanggal keberangkatan KA terjadi mulai tanggal 21 hingga 31 Desember 2023.

“Adapun terdapat sejumlah kota tujuan favorit yang dipilih penumpang seperti diantaranya Yogyakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Purwokerto, Cirebon dan Tegal,” sebut Ixfan.

Ixfan juga menambahkan, pihaknya juga melakukan penambahan area dan kursi tunggu untuk penumpang. Di Stasiun Pasar Senen fasilitas kursi tunggu stasiun kini tersedia sebanyak 2100 tempat duduk, sementara di Stasiun Gambir tersedia sebanyak 1200 tempat duduk yang tersebar diberbagai area pelayanan. 

Sementara untuk mengurai kepadatan penumpang saat pemeriksaan tiket, Daop 1 Jakarta juga telah menyediakan 4 pintu boarding dengan menggunakan Face Recognition (FC) di Stasiun Gambir dan menambah jumlah meja layanan untuk pemeriksaan tiket di Stasiun Pasar Senen. 

Baca Juga  Antisipasi Kemacetan di Gambir 1 Mei Ini, 16 Kereta Api Berhenti Juga di Stasiun Jatinegara

Penambahan petugas juga dilakukan di sejumlah area pelayanan, saat ini terdapat petugas Costumer Service mobile (CSM) yang akan membantu penumpang di berbagai area pelayanan Stasiun.

KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan karena tiket KA masa Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih. 

“Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga dihimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan KAnya,” imbau Ixfan.

Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi Access by KAI yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. 

Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi Access by KAI juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. 

Pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI. (bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion