Connect with us

Transportasi

Penyeberangan Merak-Bakauheni, Masyarakat Diimbau Beli Tiket Minimal H-1 Keberangkatan

Published

on

Merak-Bakauheni

Merak, Bindo.id – Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans), pada Lebaran 2023 diprediksi puncak pergerakan di lintas penyeberangan Merak akan mencapai lebih dari 42 ribu unit kendaraan.

Lintas Merak-Bakauheni diketahui selalu menjadi favorit, penghubung bagi masyarakat yang akan bepergian dari Jawa ke Sumatera dan sebaliknya.

Pada Lebaran tahun lalu, di Pelabuhan Merak terjadi kepadatan kendaraan roda empat yang mencapai 37 ribu atau 30 persen lebih banyak dari masa lebaran tahun 2019 sebelum pandemi.

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin menyampaikan, sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan, sehingga pengguna jasa dapat melakukan reservasi jauh-jauh hari, dan penumpang wajib membeli tiket melalui aplikasi “Ferizy” dan bukan melalui calo.

“ASDP menerapkan pembelian tiket kapal penyeberangan ferry melalui Ferizy yang dapat dilakukan H-60 sebelum keberangkatan melalui web reservation di www.ferizy.com, aplikasi di Android dan IOS, dan gerai retail seperti Alfamart, Indomaret, Agen BRILink, dan lainnya,” kata Shelvy ditulis Senin (13/3/2023).

Pihaknya mengimbau bagi yang hendak naik kapal ferry agar membeli tiket minimal satu hari sebelum keberangkatan. Sementara, pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya.

Adapun pembelian tiket melalui Ferizy berlaku untuk layanan penyeberangan di empat pelabuhan utama yakni Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk dikarenakan sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan.

Pengguna jasa yang telah membeli tiket untuk mengatur waktu di hari H agar tidak terlambat dan melakukan check in dua jam sebelumnya. Tiket akan expired jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan. Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan.

Baca Juga  Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Terima Kunjungan Mahasiswa Universitas Telkom

“Jangan lupa saat membeli tiket via Ferizy pastikan pengguna jasa mengisi daftar penumpang dalam kendaraan secara tepat dan lengkap, termasuk data kendaraannya. Ini penting terkait hak asuransi setiap penumpang dan memperlancar proses perjalanan,” tuturnya.

Sebagai bentuk dukungan dari pemerintah dan instansi publik, maka akan disediakan tiket kapal, bis, dan kereta gratis bagi para pemudik.

Masyarakat yang melakukan mudik tahun ini diharapkan menggunakan angkutan yang telah disediakan dan menghindari penggunaan kendaraan bermotor demi mengurangi tingkat kecelakaan. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion