Connect with us

Transportasi

Sepeda Motor di Tol Bali Mandara Juga Akan Berlaku MLFF, Pengendara Harus Siapkan Aplikasi Cantas

Published

on

masker 320-391acf32

Bindo.id (JAKARTA) – Jalan Tol Bali Mandara menjadi tol pertama yang akan menjalani uji coba implementasi sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau Multi Line Free Flow (MLFF) pada pertengahan tahun 2023 ini.

Tidak hanya untuk kendaraan roda empat atau lebih, MLFF nantinya juga akan berlaku untuk sepeda motor, yang masuk ke dalam Golongan VI. Hal itu diungkapkan oleh Kabid Operasi & Pemeliharaan BPJT Ali Rachmadi.

“Berlaku untuk motor juga. Sama seperti yang berlaku antinya,” ujar Ali saat diskusi bersama Instran tentang Peluang dan Tantangan Implementasi Sistem Bayar Tol Tanpa Henti di Jakarta, Selasa (7/2/2023).

Namun, untuk uji coba MLFF nantinya jalan Tol Bali-Mandara, hanya berlaku untuk kendaraan roda empat atau lebih di beberapa ruas atau setengah dari jumlah gerbang yang ada selama ini.

“Seandainya di Bali-Mandara itu ada empat gerbang, maka setengahnya kita coba untuk lakukan MLFF-nya. Sementara motor cuma satu (gerbang), masih taping, bukan (berlaku) masa transisinya, hanya kendaraan roda empat (lebih),” ucapnya.

Pengguna motor yang melintasi jalan tol yang memiliki panjang 12,7 Kilometer tersebut harus memiliki Aplikasi Cantas.

Untuk harga uji coba MLFF dan tarif yang dikenakan untuk sepeda motor nantinya sama seperti saat ini dan tidak ada perubahan.

“Sama harganya tidak ada perubahan, begitu ada penyesuaian tarif pun semuanya sama. Ini hanya pola transaksinya saja yang diubah. Yang awalnya tapping, ini tanpa tapping,” ungkap Ali.

Uji coba MLFF di ruas Tol Bali-Mandara diharapkan Ali akan berjalan pada awal Juli 2023.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Membayar Tol Tanpa Berhenti Akan Diuji Coba Tahun Ini
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *