Connect with us

Info Nasional

KAI Wisata Dukung KAI Raih Prestasi Global di Contact Center World 2025 dan Eksplorasi Pasar Pariwisata Yunani

Published

on

Foto istimewa/KAI Wisata

Jakarta (Bindo.id) – PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) yang merupakan anak Perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga mengelola Tenaga Alih Daya salahsatunya Contact Center KAI 121.

Kali ini KAI Wisata berkesempatan mendampingi dan mendukung kegiatan Contact Center pada ajang bergengsi di Yunani pada tanggal 27–31 Oktober 2025. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi bergengsi di bidang contact center dan customer experience, tetapi juga menjadi kesempatan strategis bagi KAI Wisata untuk memperluas jejaring dan mengeksplorasi potensi pengembangan railway tourism Indonesia di pasar Eropa.

Selain melakukan pendampingan terhadap peserta lomba, tim KAI dan KAI Wisata juga melakukan kunjungan resmi ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Athens, Yunani.Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan penjajakan potensi pasar dan peluang kerja sama dalam mempromosikan pariwisata berbasis kereta api Indonesia di tingkat internasional.

Dalam kesempatan itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Yunani menyampaikan apresiasi dan memberikan beberapa saran strategis kepada KAI Wisata, antara lain:

• Agar KAI Wisata lebih aktif mengembangkan paket wisata terintegrasi dengan layanan kereta cepat dan destinasi wisata budaya,

• Serta mengombinasikan unsur kuliner otentik Nusantara untuk memperkuat experience-based tourism yang menjadi daya tarik utama wisatawan Eropa.

Dubes juga mendorong KAI Wisata untuk meningkatkan pemasaran digital global guna memperluas jangkauan promosi wisata berbasis transportasi berkelanjutan Indonesia. Pada ajang Contact Center World Global – 2025 tersebut, PT Kereta Api Indonesia (Persero) berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih 8 medali emas dari total 8 kategori yang diikuti. Kompetisi ini diikuti oleh 30 perusahaan dari 14 negara, termasuk Indonesia, New Zealand, Saudi Arabia, Afrika Selatan, Turkiye, USA, Jerman, UEA, Brazil, Yunani, Malaysia, China, Kanada, dan Portugal, dengan total 96 kategori kompetisi meliputi Best Practices of Contact Center, Customer Service Team, Social Media, Employee Engagement, dan CX Branch.

Baca Juga  Kolaborasi PT KAI, KAI Commuter dan Bank Mandiri Hadirkan Mangkunegaran Garden Orchestra oleh Addie MS

KAI berpartisipasi dengan 6 presenter terbaik, dan berhasil meraih penghargaan di seluruh kategori yang diikuti, yaitu:

1. Best Direct Response – Hanefi (Gold)

2. Best Customer Loyalty – Romandani Adyan (Gold)

3. Best Employee Engagement – Asbah Muniroh (Gold)

4. Best Public Services Center – Asbah Muniroh (Gold)

5. Best Use of Social Media – Sabarian Nugraha (Gold)

6. Best Customer Service Team – Sabarian Nugraha & Roudlotul Fithriyah (Gold)

7. Best CX Branch – Yosep Ali Akbar (Gold)

8. Best Contact Center – Romandani Adyan (Gold)

Prestasi ini sekaligus memperkuat posisi KAI Group sebagai penyedia layanan customer experience terbaik di tingkat global. Dalam keterangannya, Direktur Utama KAI Wisata Hendy Helmy, mengatakan “rasa bangga dan apresiasi yang tinggi atas pencapaian luar biasa tersebut”. KAI Wisata sangat bangga atas prestasi gemilang yang diraih KAI dalam ajang Contact Center World 2025 ini. Sebagai bagian dari KAI Group, KAI Wisata turut berperan dalam mendukung pengelolaan dan pengembangan sistem contact center yang menjadi garda terdepan dalam menghadirkan pelayanan pelanggan yang profesional, responsif, dan berstandar global.

Lebih lanjut, Hendy menambahkan “bahwa keikutsertaan dalam ajang internasional ini juga memberikan nilai tambah strategis bagi KAI Wisata, momentum ini menjadi langkah penting untuk memperluas jaringan global dan memperkenalkan potensi besar railway tourism Indonesia di kancah internasional”. KAI Wisata berkomitmen untuk terus berinovasi dalam mengemas produk-produk wisata berbasis kereta yang terintegrasi dengan budaya dan kuliner lokal, sejalan dengan arahan Bapak Duta Besar RI di Athena.

Sebagai entitas pengelola contact center dan lini bisnis pendukung KAI Group, KAI Wisata berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas layanan pelanggan, inovasi digital, serta sinergi lintas unit bisnis. Upaya ini dilakukan untuk memastikan seluruh pelanggan memperoleh pengalaman perjalanan yang nyaman, modern, dan berkesan. “Melalui sinergi dan semangat pelayanan yang berkelanjutan, kami berharap ke depan KAI Wisata dapat terus berkontribusi dalam mewujudkan visi KAI Group sebagai penyedia transportasi dan pariwisata berbasis kereta api kelas dunia,” tutup Hendy Helmy.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Buruan Daftar! Masih Ada Kuota Arus Balik Motor Gratis KAI