Ekonomi
Indonesia Outdoor Festival 2025, Kualitas Peralatan Outdoor Lokal Bisa Bersaing Dengan Produk Luar
![Indonesia Outdoor Festival 2025 [wisata]](https://www.bindo.id/wp-content/uploads/2025/06/Indonesia-Outdoor-Festival-2025-97198ded.jpg)
Jakarta, Bindo.id – Kualitas peralatan outdoor lokal milik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) disebut kian kompetitif serta tidak kalah dengan produk dari luar negeri.
Menteri UMKM, Maman Abdurrahman, menyebutkan produsen lokal termasuk UMKM menguasai sekitar 75 persen pangsa pasar peralatan serta perlengkapan mendaki.
Dia mengatakan saat ini berbagai merek UMKM bisa berkembang sebab kreatif dalam berinovasi produk, memanfaatkan pemasaran digital, dan menggali karakter lokal untuk bisa bersaing di pasar nasional dan internasional.
”Hal ini tentu mendorong pengusaha UMKM untuk meningkatkan skala produksi, menjalin kemitraan dengan komunitas maupun usaha besar, dan membuat produk yang mempunyai nilai lebih,” ujar Maman di acara Indonesia Outdoor Festival 2025 di Jakarta Pusat, Kamis (12/6/2025).
Dirinya mendata pasar peralatan hiking di Indonesia di tahun ini diprediksi mencapai Rp 1,26 triliun dengan pertumbuhan tahunan sebanyak 12,1 persen sejak tahun 2021.
Pengusaha diberikan pendampingan oleh Kementerian UMKM kepada pengusaha terutama tentang akses pembiayaan berbasis kluster serta perluasan pasar.
“Karena skala usaha yang berkecimpung di industri ini tergolong masih dalam skala kecil dan menengah,” ujarnya.
Maman berpendapat potensi industri peralatan outdoor berjalan beriringan dengan perkembangan pariwisata berkelanjutan.
Ada Ratusan Merek Lokal
Chief Executive Officer COS Event, Disyon Toba, menyebutkan Indofest 2025 melibatkan sebanyak 139 pemilik usaha yang terdiri dari 104 brand lokal serta 54 brand luar negeri.
Acara ini digelar tanggal 12-15 Juli 2025 dan berlokasi di Hall B Jakarta Convention Center.
”Indofest 2025 yang mengusung tema More Outdoor More Collaboration, kembali menghadirkan berbagai produk baru dan lebih dari 20 brand lokal baru yang baru pertama hadir di dalam negeri,” ujar Disyon.
Dia mengatakan dunia outdoor sudah kian digemari masyarakat Indonesia. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya kegiatan luar ruangan serta banyak kegiatan olahraga di setiap pekan.
Project Director Indofest 2025, Niken Saraswati Ratnaningtyas, menyebutkan di acara tersebut pihaknya bekerja sama dengan 31 komunitas.
“Kami merangkul berbagai komunitas untuk sharing informasi terkait kegiatan luar ruang. Sementara itu, dukungan dari pemerintah juga hadir. Seperti dari Kementerian UMKM, Kementerian Kehutanan, Kementerian Pariwisata dan Kementerian Pemuda dan Olahraga,” ungkap Niken.
Ikuti berita terkini dari BINDO di
YouTube, dan Dailymotion