Connect with us

Info Regional

Balai Yasa Lahat Rawat 747 Sarana KA, Dukung Kelancaran Angkutan di Sumatera Selatan

Published

on

Foto istimewa/KAI

LAHAT (Bindo.id) – Balai Yasa Lahat, unit perawatan sarana milik PT Kereta Api Indonesia (Persero), menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung kelancaran dan peningkatan program angkutan kereta api di wilayah Sumatera Selatan.

Sepanjang Januari hingga April 2025, Balai Yasa Lahat berhasil menyelesaikan perawatan terhadap 747 sarana kereta api, yang mencakup 17 lokomotif, 10 kereta penumpang, dan 719 gerbong barang. Capaian ini mencerminkan dedikasi dalam menjaga keandalan armada perkeretaapian di wilayah tersebut.

“Melalui perawatan yang terencana dan dilaksanakan secara profesional, Balai Yasa Lahat memegang peranan penting dalam mendukung pencapaian target angkutan penumpang dan barang di Sumatera Selatan,” ujar Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI), Anne Purba, Ahad (18/5/2025).

Dikatakan Anne, kemampuan perawatan sarana di Balai Yasa Lahat terus menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2023, tercatat sebanyak 2.379 sarana berhasil dirawat, dan angka ini meningkat signifikan menjadi 3.036 sarana pada tahun 2024.

“Setiap sarana baik lokomotif, kereta penumpang maupun gerbong memiliki rencana perawatan periodik yang telah terjadwal, sehingga penyelesaian perawatan sesuai waktu sangat mempengaruhi performa angkutan kereta api,” kata Anne.

Beragam jenis sarana kereta api menjalani perawatan di Balai Yasa Lahat, mulai dari lokomotif, kereta penumpang, kereta pembangkit, gerbong angkutan barang, hingga peralatan khusus pendukung operasional kereta api. Program perawatan yang dijalankan pun bervariasi berdasarkan lama waktu sarana beroperasi, meliputi siklus 24 bulan, 36 bulan, 48 bulan, 72 bulan, hingga overhaul.

Untuk memastikan program perawatan berjalan sesuai target, Balai Yasa Lahat didukung oleh 362 teknisi ahli di bidangnya masing-masing. Selain itu, lebih dari 300 alat kerja tersedia, termasuk peralatan bersejarah seperti mesin bor buatan tahun 1910 yang masih berfungsi dengan baik, hingga peralatan modern seperti dua mesin bubut terbaru yang didatangkan dari Jerman pada tahun 2024.

Baca Juga  KAI Hadirkan Kereta Makan Nuansa Suite Class, Bagini Desainnya!

Keberhasilan Balai Yasa Lahat dalam menyelesaikan perawatan sarana sesuai program berdampak positif pada kelancaran angkutan kereta api di Sumatera Selatan. Salah satu contohnya adalah dukungan terhadap angkutan batubara yang vital untuk pasokan listrik nasional. Tercatat, dari Januari hingga April 2025, volume angkutan batubara mencapai 17.945.049 ton, mengalami pertumbuhan sebesar 7 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2024 yang mencatatkan angka 16.772.300 ton.

Sektor angkutan penumpang juga menunjukkan tren positif. Selama periode Januari hingga April 2025, Divisi Regional (Divre) III Palembang berhasil mengangkut sebanyak 361.724 penumpang, meningkat 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2024 yang melayani 330.742 penumpang.

Melalui data ini terlihat bahwa Balai Yasa Lahat bukan sekadar tempat perawatan tetapi seperti jantung yang memompa kelancaran konektivitas Sumatera Selatan melalui jalur kereta api. Peran vitalnya memastikan setiap gerbong dan lokomotif siap melayani, mendukung mobilitas masyarakat dan angkutan logistik sehingga mendorong kemajuan wilayah.

“KAI berkomitmen menghadirkan layanan transportasi yang andal dan berkualitas di Sumatera Selatan melaui hadirnya Balai Yasa Lahat. KAI akan terus berinovasi dan beradaptasi untuk menjawab tantangan transportasi masa depan,” tutup Anne.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
YouTube, dan Dailymotion