Transportasi
Libur Panjang Maulid Nabi Muhammad SAW, Load Factor DAMRI AKAP Tembus 69 Persen

JAKARTA (Bindo.id) – Menjelang momen libur panjang akhir pekan bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW pada 05 September 2025, DAMRI mencatat tren positif pada penjualan tiket Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan load factor rata-rata mencapai 41% dari periode 04-07 September 2025.
Head of Corporate Communication DAMRI Atikah Abdullah mengatakan hingga hari ini, tiket DAMRI AKAP untuk akhir pekan telah terjual lebih dari 11 ribu tiket dan jumlahnya akan terus bertambah mengingat mayoritas pelanggan DAMRI kerap membeli tiket jelang keberangkatan. “Dari tanggal 04-07 September 2025 sebanyak 11.624 tiket terjual, angka tersebut menunjukkan minat masyarakat yang tinggi untuk menggunakan layanan DAMRI dalam perjalanannya,” lanjutnya.
Data penjualan tiket menunjukkan puncak arus mudik terjadi pada 4 September 2025 dengan _load factor_ mencapai 69% atau lebih dari 6 ribu tiket terjual, disusul arus balik pada 7 September dengan _load factor_ 46% atau lebih dari 3 ribu tiket terjual. Tren ini menggambarkan antisipasi masyarakat menghadapi libur panjang yang akan datang serta kebutuhan akan transportasi efisien untuk mendukung mobilitasnya.
“Tercatat rute favorit yang paling diminati pelanggan selama periode ini adalah Stasiun DAMRI Kemayoran menuju Terminal Bungur Asih, Stasiun DAMRI Gambir ke Stasiun DAMRI Tanjung Karang, serta Stasiun DAMRI Malang ke Stasiun DAMRI Kemayoran. Ketiga rute ini berhasil mencatat penjualan lebih dari 3 ribu tiket, menegaskan keyakinan pelanggan dalam menggunakan layanan DAMRI selama momen liburan,” lanjut Atikah.
Pelanggan dapat melakukan pemesanan tiket secara _online_ melalui DAMRI Apps, web damri.co.id, dan _on the spot_ di titik keberangkatan awal dengan transaksi _cashless_ via QRIS, Emoney, Debit Card, atau Credit Card. Informasi lebih lanjut bisa didapatkan melalui saluran call center di nomor 1500-825, email ke [email protected], dan media sosial @damriindonesia.
Sejalan dengan puncak periode libur panjang yang juga bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional 2025, DAMRI memberikan apresiasi dengan membagikan souvenir kepada pelanggan beruntung di beberapa titik keberangkatan. Sebelumnya, pada 28 Agustus 2025, DAMRI sukses menggelar peringatan Hari Pelanggan bertema “Cerita Sobat, Inspirasi Hebat” di Walking Drums Ancol, Jakarta Utara, sebagai bentuk penghargaan dan wadah aspirasi langsung pelanggan terhadap Direksi.(bas)
Ikuti berita terkini dari BINDO di
YouTube, dan Dailymotion