Bisnis
KAI Hadirkan Creative Space di Tiga Stasiun, Dorong UMKM Tumbuh di Tengah Lonjakan Penumpang

JAKARTA (Bindo.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama Rumah BUMN menghadirkan program Creative Space KAI x Rumah BUMN di tiga stasiun utama selama periode libur sekolah, 4 hingga 18 Juli 2025.
Inisiatif ini menjadi wujud kepedulian KAI terhadap ekonomi kerakyatan sekaligus memperkaya pengalaman pelanggan melalui kehadiran 63 UMKM lokal yang tampil di Stasiun Purwokerto, Pekalongan, dan Solo Balapan.
Stasiun kini tidak lagi sekadar tempat naik dan turun penumpang. Stasiun telah berkembang menjadi ruang publik yang hidup, dinamis, dan inspiratif. Terlebih selama Semester I 2025, KAI melayani 27.463.555 pelanggan KA Jarak Jauh dan Lokal, tumbuh 7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Lonjakan mobilitas inilah yang dimanfaatkan untuk membuka peluang pasar baru bagi pelaku UMKM lokal.
Dalam program ini, 63 UMKM terlibat aktif di tiga stasiun strategis yang menjadi lokasi pelaksanaan Stasiun Purwokerto (26 UMKM), Stasiun Pekalongan (21 UMKM), dan Stasiun Solo Balapan (16 UMKM). UMKM yang tampil merupakan mitra binaan Rumah BUMN dan KAI yang telah dikurasi dan dibina agar siap bersaing serta mampu menyuguhkan produk unggulan mulai dari camilan khas, kerajinan tangan, hingga fesyen lokal kepada pelanggan KAI dari berbagai daerah.
“Momentum libur sekolah adalah waktu emas untuk menciptakan interaksi hangat antara pelanggan dan KAI. Melalui Creative Space, kami ingin menunjukkan bahwa stasiun bisa menjadi titik singgah yang menyenangkan dan penuh nilai tambah,” ujar Executive Vice President of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji, Ahad (13/7/2025).
Program ini mengusung konsep pop-up market UMKM yang tersentralisasi, lengkap dengan workshop edukatif, festival permainan keluarga, panggung musik lokal, test food produk unggulan, hingga kunjungan selebgram dan talkshow inspiratif. Semua dirancang untuk memperkuat interaksi, memperluas jangkauan promosi produk lokal, serta menambah daya tarik stasiun sebagai destinasi wisata yang menarik dan inklusif.
“STASIUN UMKM bukan hanya soal berjualan, tapi tentang membangun koneksi sosial dan ekonomi antara KAI, pelanggan, dan UMKM. Ini adalah bentuk sinergi nyata BUMN untuk Indonesia,” tambah Agus.
KAI percaya, keberadaan UMKM di stasiun mampu memberi energi positif pada lingkungan sekitar, menciptakan atmosfer yang hidup, serta memperkuat loyalitas pelanggan. Ini juga merupakan dukungan konkret KAI terhadap Asta Cita dan program UMKM Naik Kelas dari Kementerian BUMN, yang menekankan pentingnya peran BUMN dalam menciptakan nilai tambah sosial serta ekonomi di tengah masyarakat.
“Melalui semangat kolaborasi dan inovasi, Creative Space KAI x Rumah BUMN menegaskan komitmen KAI dalam menjadikan stasiun sebagai simpul interaksi sosial, pusat ekonomi rakyat, sekaligus bagian dari pengalaman liburan yang menyenangkan dan penuh makna,” tutup Agus.(bas)
Ikuti berita terkini dari BINDO di
YouTube, dan Dailymotion